Kompas TV regional berita daerah

Karyawan Hotel Alih Profesi Jadi Petani Bawang

Kompas.tv - 29 September 2021, 15:34 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Galih Andika Saputra yang biasa berpakaian sangat rapi saat bekerja, karena ia merupakan karyawan di sebuah hotel, namun karena pandemi Covid-19 Andika menjadi salah satu karyawan yang harus di rumahkan.

Namun ia tidak mau terpuruk begitu lama. Galih memilih pulang ke kampung asalnya di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, untuk menjadi petani. Ia menanam bawang merah jenis thailand dengan modal Rp 15 juta yang diambil dari uang tabungannya.

Sawah yang ditanami adalah sawah milik orangtuanya seluas 1.600 meter. Setiap hari pagi dan sore, Galih rutin pergi ke sawah untuk menyirami tanaman bawang merahnya. Semuanya dilakukan sendiri dan dibantu oleh keluarganya.

Namun siapa yang menyangka, panen bawang merah pertama kali dari modal Rp 15 juta bisa menghasilkan Rp 45 juta. Kini Galih sudah menikmati panen bawang merah berulang kali.

"Sebelumnya saya bekerja di Hotel Mulya Senayan. Terus terdampak pandemi saya pulang dam memutuskan untuk bertani bawang merah. Karena hasilnya menggiurkan, kalo nanam bawang itu bisa berkelipatan sampai 100 persen," kata Galih.

Galih mengajak semua orang terutama yang masih muda untuk mencari hobi dan minat yang bisa bermanfaat serta menghasilkan. Ia pun berpesan untuk tetap berusaha dan semangat karena masih di masa pandemi Covid-19.

#bawangmerah #pandemicovid-19 #klaten 



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x