Kompas TV internasional kompas dunia

19 dari 39 Pekerja Tambang yang Terjebak di Ontario, Kanada, Berhasil Diselamatkan

Selasa, 28 September 2021 | 23:47 WIB
19-dari-39-pekerja-tambang-yang-terjebak-di-ontario-kanada-berhasil-diselamatkan
Tambang Totten di Sudbury, Ontario, Kanada. Sebanyak 39 pekerja tambang terjebak di tambang ini setelah sistem pengangkutan pekerja gagal berfungsi pada Minggu (27/9/2021). Hingga Selasa (29/9/2021), sebanyak 19 pekerja berhasil diselamatkan. (Sumber: Vale via Mining.com)

ONTARIO, KOMPAS.TV – Sebanyak 19 dari 39 pekerja tambang yang terjebak di bawah tanah sepanjang akhir pekan di Ontario, Kanada, berhasil diselamatkan ke permukaan pada Selasa (28/9/2021) pagi. Hal itu diungkapkan perusahaan tambang Brasil, Vale.

Melansir NBC News, Vale menyebut bahwa para pekerja tambang yang berhasil diselamatkan berada “dalam kondisi sehat dan segera ingin pulang ke rumah”.

Tim penyelamat, lanjut Vale, terus melanjutkan upaya menyelamatkan 20 pekerja tambang lainnya yang masih terjebak.

Pada Senin (27/9/2021), perusahaan tambang raksasa itu menyatakan, tim penyelamat berhasil menjangkau para pekerja tambang.

Mereka berkumpul di sejumlah titik “stasiun perlindungan bawah tanah” menyusul insiden yang terjadi di Tambang Totten di barat Sudbury, Ontario. Sejauh ini, kata Vale, tak ditemukan pekerja tambang yang terluka.

Baca Juga: Bus Pengangkut Pekerja Tambang China di Peru Jatuh ke Jurang, 15 Orang Tewas

Menurut Vale, insiden itu terjadi saat sebuah ekskavator yang diangkut ke dalam tambang, copot, dan menghalangi kanal tambang, Minggu (26/9) kemarin.

Akibatnya, sistem pengangkutan para pekerja dari dan ke permukaan tak dapat digunakan. Para pekerja tambang pun dikumpulkan di stasiun-stasiun perlindungan yang memiliki akses makanan dan air minum, juga komunikasi dengan pegawai tambang di permukaan.

United Steelworkers, serikat yang mewakili 30 dari 39 pekerja tambang yang terjebak, menyatakan optimistis bahwa mereka semua dapat dievakuasi dengan selamat.

“Kami mengerti operasi penyelamatan ini akan memakan waktu dan sangat lega mendengar bahwa para pekerja tambang tak terluka,” Perdana Menteri Ontario Doug Ford mencuit di Twitternya.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV/NBC News/Bloomberg


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19