Kompas TV nasional sosial

2 Cara Mengecek Penerima Bansos Kemensos

Kompas.tv - 28 September 2021, 19:55 WIB
2-cara-mengecek-penerima-bansos-kemensos
Tangkapan layar laman cekbansos.kemensos. (Sumber: Kemensos.go.id)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Sosial (Kemensos) akan melanjutkan pemberian bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Kemensos mengalokasikan Rp74,08 triliun (94,67%) dari anggaran Rp78,25 triliun Tahun Anggaran (TA) 2022 yang sudah disetujui DPR RI untuk belanja bansos.

“Bantuan sosial untuk masyarakat miskin dan rentan, terus berlanjut. Tahun depan, Kemensos menganggarkan Rp74,08 triliun atau 94,67% untuk bantuan sosial. Jadi tidak benar kalau Kemensos menghentikan program bansos,” kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini, di Jakarta (22/09).

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengecek penerima bansos, yakni melalui cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi Cek Bansos.

Untuk mengecek penerima bansos melalui cekbansos.kemensos.go.id, siapkan terlebih dahulu Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Berikut cara mengecek penerima bansos melalui laman resmi Kemensos:

Kunjungi laman resmi cek bansos Kemensos RI di alamat https://cekbansos.kemensos.go.id. Di situ akan muncul pilihan pada kolom tarik turun, pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal.

Selanjutnya, ketikkan nama lengkap sesuai dengan yang tercantum pada KTP.

Baca Juga: Pemerintah Putuskan Perpanjang Bansos, Segera Buka cekbansos.kemensos.go.id



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.