Kompas TV internasional kompas dunia

Kamis Ini, Jepang Cabut Status Darurat Nasional terkait Covid-19

Selasa, 28 September 2021 | 20:03 WIB
kamis-ini-jepang-cabut-status-darurat-nasional-terkait-covid-19
Dalam foto bertanggal 20 September 2021 tampak para pejalan kaki memakai masker saat melintas di sebuah persimpangan di Shinjuku, sebuah distrik hiburan di Tokyo, Jepang. Pada Selasa (28/9/2021), Pemerintah Jepang mengumumkan status darurat Covid-19 akan dicabut pada Kamis (30/9/2021) ini untuk menggerakkan kembali perekonomian. (Sumber: AP Photo/Kiichiro Sato, File)

TOKYO, KOMPAS.TV – Pemerintah Jepang mengatakan akan mengakhiri penerapan status darurat terkait Covid-19 pekan ini seiring melambatnya laju penyebaran penyakit tersebut.

Perdana Menteri Yoshihide Suga, hari ini, Selasa (28/9/2021), mengatakan status darurat akan berakhir pada Kamis (30/9/2021) ini. Pelonggaran pembatasan juga akan dilakukan secara bertahap “untuk melanjutkan kehidupan sehari-hari di tengah kehadiran virus tersebut.”

Suga mengatakan, pemerintah akan mendirikan lebih banyak fasilitas penanganan Covid-19 sementara dan meneruskan program vaksinasi sebagai antisipasi terjadinya lonjakan infeksi.

Pemerintah Jepang juga akan menjalankan langkah-langkah lainnya seperti paspor vaksin dan testing.

Dengan dicabutkan status darurat, Jepang akan kembali bebas dari ketentuan kedaruratan untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam bulan terakhir.

Baca Juga: Hadiri Debat, Kandidat PM Jepang Beda Pendapat Soal Hak Perempuan dan Pernikahan Sesama Jenis

Status darurat ditetapkan di Jepang pada April lalu dan terus mengalami perpanjangan dan perluasan.

Meski masyarakat merasa lelah dan frustrasi dengan kebijakan tersebut, Jepang telah berhasil menghindari penerapan lockdown yang jauh lebih mengekang.

Sebanyak 1,69 juta kasus Covid-19 tercatat di Jepang dengan 17.500 kematian.

Status darurat mengimbau restoran dan bar untuk memperpendek jam buka dan tidak menyediakan alkohol. Para gurbernur di wilayah Tokyo, Osaka, Hyogo, dan Kyoto berencana mempertahankan imbauan tersebut sambil melihat perkembangan kasus Covid-19.

Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Rem Truk Blong, 1 Tewas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:42 WIB
Berita Daerah

Pelaku COD Miras Ditangkap

Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:01
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19