Kompas TV internasional kompas dunia

Kamis Ini, Jepang Cabut Status Darurat Nasional terkait Covid-19

Kompas.tv - 28 September 2021, 20:03 WIB
kamis-ini-jepang-cabut-status-darurat-nasional-terkait-covid-19
Dalam foto bertanggal 20 September 2021 tampak para pejalan kaki memakai masker saat melintas di sebuah persimpangan di Shinjuku, sebuah distrik hiburan di Tokyo, Jepang. Pada Selasa (28/9/2021), Pemerintah Jepang mengumumkan status darurat Covid-19 akan dicabut pada Kamis (30/9/2021) ini untuk menggerakkan kembali perekonomian. (Sumber: AP Photo/Kiichiro Sato, File)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

TOKYO, KOMPAS.TV – Pemerintah Jepang mengatakan akan mengakhiri penerapan status darurat terkait Covid-19 pekan ini seiring melambatnya laju penyebaran penyakit tersebut.

Perdana Menteri Yoshihide Suga, hari ini, Selasa (28/9/2021), mengatakan status darurat akan berakhir pada Kamis (30/9/2021) ini. Pelonggaran pembatasan juga akan dilakukan secara bertahap “untuk melanjutkan kehidupan sehari-hari di tengah kehadiran virus tersebut.”

Suga mengatakan, pemerintah akan mendirikan lebih banyak fasilitas penanganan Covid-19 sementara dan meneruskan program vaksinasi sebagai antisipasi terjadinya lonjakan infeksi.

Pemerintah Jepang juga akan menjalankan langkah-langkah lainnya seperti paspor vaksin dan testing.

Dengan dicabutkan status darurat, Jepang akan kembali bebas dari ketentuan kedaruratan untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam bulan terakhir.

Baca Juga: Hadiri Debat, Kandidat PM Jepang Beda Pendapat Soal Hak Perempuan dan Pernikahan Sesama Jenis

Status darurat ditetapkan di Jepang pada April lalu dan terus mengalami perpanjangan dan perluasan.

Meski masyarakat merasa lelah dan frustrasi dengan kebijakan tersebut, Jepang telah berhasil menghindari penerapan lockdown yang jauh lebih mengekang.

Sebanyak 1,69 juta kasus Covid-19 tercatat di Jepang dengan 17.500 kematian.

Status darurat mengimbau restoran dan bar untuk memperpendek jam buka dan tidak menyediakan alkohol. Para gurbernur di wilayah Tokyo, Osaka, Hyogo, dan Kyoto berencana mempertahankan imbauan tersebut sambil melihat perkembangan kasus Covid-19.

“Mencabut status darurat tidak berarti kita sudah bebas 100 persen,” ujar Dr. Shigeru Omi, penasihat kesehatan untuk pemerintah Jepang, seperti dilansir Associated Press.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.