Kompas TV nasional peristiwa

Begini Kronologi Anak Buka Pintu Darurat Citilink hingga Penerbangan Dialihkan

Kompas.tv - 28 September 2021, 18:51 WIB
begini-kronologi-anak-buka-pintu-darurat-citilink-hingga-penerbangan-dialihkan
Ilustrasi Peswat Citilink (Sumber: indo-aviation.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Maskapai Citilink menjelaskan kronologi pengalihan penerbangan pesawatnya, akibat seorang anak yang mencoba membuka pintu darurat.

VP Corporate Secretary & CSR Citilink Diah Suryani menyatakan, penerbangan Citilink QG 944 tadinya mengambil rute Cengkareng - Batam pada tanggal 27 September 2021.

Namun pada pukul 16.05 WIB, penerbangan dialihkan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan.

Penyebabnya, karena ada seorang anak yang melepas penutup pelindung tuas pintu darurat, lantaran lepas dari pengawasan orang tuanya.

"Terhadap informasi yang beredar, dapat kami informasikan bahwa kejadian disebabkan oleh penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 dalam penerbangan tersebut melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit di luar pengawasan orang tuanya," ungkap Diah lewat keterangan tertulisnya, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga: Kesaksian Penumpang Citilink Mendarat Darurat Akibat Anak 6 Tahun Buka Pintu Darurat

Menurut Diah, saat itu awak kabin yang bertugas telah melakukan tindakan sesuai prosedur dengan segera menginformasikan kejadian tersebut kepada Captain Pilot.

Kemudian, Captain segera memutuskan untuk mengalihkan penerbangan ke bandara terdekat untuk dilakukan pengecekan secara teknis kondisi pesawat dan memastikan pesawat dalam kondisi aman, guna menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan.

Selain itu awak kabin segera meminta keterangan kepada orang tua anak tersebut.

Adapun orang tua anak tersebut juga dimintai keterangan oleh otoritas yang berwenang saat mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

"Operasional penerbangan Citilink tetap berjalan dengan normal dan seluruh penumpang yang berada dalam penerbangan tersebut berada dalam kondisi baik," ujar Diah.

Ia menegaskan, sebelum melanjutkan perjalanan ke Batam, tim Citilink bersama tim teknik serta otoritas berwenang sudah mengecek kondisi pesawat.

Hasilnya menunjukkan pesawat dinyatakan aman untuk melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: Kalah di Pengadilan Internasional, Ini Langkah Garuda Hadapi Gugatan Lessor

"Citilink mengangkut anak-anak atas izin dan rekomendasi dari tim Satgas Covid-19 setempat (Bandar udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang)," ucap Diah.

"Dalam hal ini, Citilink bertugas untuk memeriksa kembali kelengkapan dokumen calon penumpang sebelum akan naik ke pesawat," tambahnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x