Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Hewan Di Vaksinasi Rabies

Kompas.tv - 28 September 2021, 15:38 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Puluhan hewan kucing yang menjadi peliharaan warga mendapat suntikan rabies di pusat kesehatan hewan Dinas Kelautan Perikanan Dan Pertanian Kota Gorontalo pada senin siang.

Hewan peliharaan warga seperti kucing diperiksa kesehatannya sebelum akhirnya divaksinasi oleh petugas kesehatan hewan.

Selain memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada 28 September 2021. Vaksinasi hewan peliharaan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran rabies dari hewan ke manusia.

Vaksinasi rabies secara gratis ini dimanfaatkan oleh puluhan warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti yang dilakukan oleh syarif, sejak Senin pagi ia datang dengan membawa 5 ekor kucing peliharaannya untuk di periksa kesehatan dan divaksinasi.

Sementara itu, menurut Dokter Kesehatan Hewan Erwin Nugroho mengatakan, virus rabies ini merupakan penyakit berbahaya karena bersifat zoonosis atau dapat menular dari hewan ke manusia.

Sehingga pemberian vaksin rabies tidak hanya untuk melindungi hewan, tapi juga melindungi manusia terutama kepada pemilik hewan dan keluarganya.

Berdasarkan data Puskeswan Kota Gorontalo, tercatat ada dua kasus penyakit rabies yang terjadi sepanjang tahun 2021, akibat gigitan anjing kepada manusia.

Untuk mencegah rabies, masyarakat pun diharapkan agar rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan peliharaan.

 

#Vaksin Rabies   #Puskeswan  #Hari Rabies



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x