Kompas TV regional berita daerah

Istimewa, Burung Merpati Terjual 1,5 Miliar

Kompas.tv - 28 September 2021, 12:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seorang warga Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menjual burung dara atau merpati dengan harga yang fantastis. Satu burung merpati milik Muhamad Juned berhasil terjual hingga Rp 1,5 miliar.

Anda pasti tidak percaya, seekor burung merpati ternyata bisa terjual hingga Rp 1,5 miliar. Di Kabupaten Pekalongan, burung merpati spesialis balapan kolong yang diberi nama Jaguar milik Juned warga Wonopringgo, dibayar kontan oleh pembeli asal Jakarta senilai Rp 1,5 miliar.

Burung merpati spesialis balapan kolong bernama Jaguar ini telah berusia 5 tahun dan sudah tidak terhitung lagi menjuarai berbagai lomba dengan hadiah sepeda motor hingga mobil. Balapan kolong burung merpati biasanya ditandai dengan empat bambu yang ditancapkan menjadi persegi. Apabila burung merpati berhasil menukik ke bawah masuk ke kolong persegi maka berhak menjadi pemenang.

Juned sebenarnya dengan berat hati menjual Jaguar,  burung merpati andalannya. Namun akhirnya Juned rela menjualnya, karena ingin memberikan contoh motivasi kepada para pecinta balap merpati yaitu beternak burung merpati bisa menghasilkan uang.

Juned menekuni ternak burung merpati balap sejak 20 tahun silam semenjak dirinya belum mempunyai istri. Ketekunannya membuahkan hasil karena salah satu anakan burung merpati yaitu Jaguar bisa terjual sampai miliaran rupiah.

"Buat motivasi seluruh pemain burung kolong se Indonesia, jadi biar majunya kolong bebasan ya harus ada orang yang boomingkan, biar masyarakat Indonesia yang pemain burung bisa maju, bisa semangat main burungnya," kata Muhammad Juned, peternak burung merpati.

Di kandang milik Juned, terdapat ribuan burung merpati anakan siap tanding dan dijual kepada warga yang ingin membeli. Rata-rata harga anakan burung merpati yang Juned juali mulai Rp 30 juta hingga ratusan juta rupiah.

#pekalongan #burungmerpati #balapankolong



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x