Kompas TV regional berita daerah

Wisata ke Istana Basa Pagaruyung, Jejak Peninggalan Kerajaan Pagaruyung

Selasa, 28 September 2021 | 11:55 WIB

TANAH DATAR, KOMPAS.TV - Terletak di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat istano atau Istana Basa Pagaruyung menjadi bangunan jejak peninggalan Kerajaan Pagaruyung yang banyak menarik minat wisatawan.

Bangunan tiga lantai yang berdiri kokoh dengan 72 tiang penyangga ini dihiasi dengan beragam ukiran yang menjelaskan filosofi dan Budaya Minangkabau. Istana berbentuk rumah gadang ini dulunya ditempati oleh Bundo Kanduang.

Lantai pertama bangunan istana berfungsi sebagai singgasana Bundo Kanduang. Di lantai pertama terdapat 7 ruang yang berfungsi sebagai ruang rapat, tempat sidang, tempat beristirahat, dan kamar tidur raja, permaisuri, dan Bundo Kanduang. Lantai 2 memiliki peranan yang penting bagi keberlangsungan pemerintahan. Lantai dua disebut Anjuang Paranginan. Di sinilah Bundo-Bundo Kanduang selanjutnya menjalani pelatihan. Di Anjuang paranginan ini, para putri raja akan menjalani pingitan, beraktifitas, belajar dan menimba ilmu.

Baca Juga: Pemerintah Gelontorkan Rp 7,67 Triliun untuk Pemulihan Sektor Wisata

Anjuang Paranginan ini tepat berada di bawah Mahligai yaitu ruangan tempat penyimpanan harta pusaka raja. Ini melambangkan bahwasanya para putri ini dinaungi oleh kekuasaan raja. Keberadaan Anjuang Paranginan ini merupakan wujud memuliakan wanita di Minangkabau sebagai lambang kehormatan dan kemuliaan seorang perempuan yang akan menjadi Bundo Kanduang.

Tidak hanya menjadi hiasan dalam bentuk fisik saja tapi kepribadiannya sebagai perempuan. Di Anjuang Paranginan inilah mereka digembleng untuk memahami ketentuan adat yang berlaku, tahu dengan malu dan sopan santun juga tahu dengan basa basi dan tahu cara berpakaian yang pantas.

Meski sistem kerajaan sudah tidak ada lagi dalam pemerintahan, warisan kebudayaan akan penting dan mulianya wanita masih terus dipegang teguh oleh masyarakat Minangkabau.

Video Editor: Laurensius Krisna Galih
 

Penulis : Edika ipelona

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Anak Di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Selasa, 28 September 2021 | 11:51 WIB
Berita Daerah

Pocong Gentayangan Di Lokasi Vaksinasi

Selasa, 28 September 2021 | 11:35 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19