Kompas TV nasional update corona

Jokowi: Kita Sambut Pandemi sebagai Endemi karena Covid-19 Takkan Hilang dari Muka Bumi

Kompas.tv - 28 September 2021, 12:15 WIB
jokowi-kita-sambut-pandemi-sebagai-endemi-karena-covid-19-takkan-hilang-dari-muka-bumi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan perpanjangan PPKM dengan sejumlah daerah yang kini turun level hingga 30 Agustus 2021, Senin (23/8/2021). (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat bersiap untuk hidup berdampingan dengan virus corona atau Covid-19.

Menurut Jokowi, Covid-19 bakal menjadi endemi. Pasalnya, virus tersebut tidak akan sepenuhnya hilang dari muka bumi.

Baca Juga: Fadjroel Sebut Presiden Jokowi Telah Pertaruhkan Reputasi Politik untuk Rakyat dan Negara

"Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 dan menyambut pandemi ini sebagai endemi karena Covid-19 takkan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama," kata Jokowi melalui akun Instagram resminya @jokowi yang dikutip pada Selasa (28/9/2021).

Setelah satu setengah tahun menghadapi Covid-19, Jokowi mengklaim, kondisi pandemi di Tanah Air mulai membaik selama beberapa pekan terakhir.

Banyak rumah sakit tidak lagi disesaki oleh pasien Covid-19. Pusat-pusat isolasi mandiri di berbagai kota di Indonesia pun mulai melonggar.

Baca Juga: ICW Sebut Jokowi Otoritas Tunggal yang Bisa Akhiri Polemik TWK KPK, Ini 20 Alasannya

Status level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di berbagai daerah juga sudah turun. Pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat wisata sudah mulai dibuka, dan sekolah-sekolah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka.

"Tentu ini berkat penerapan PPKM, vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan," ucap Jokowi. 

Kendati demikian, Jokowi mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan ketat, yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca Juga: Survei Kepuasan Kinerja Jokowi Turun, PKS: Ini Lampu Kuning

"Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah, Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita," kata dia.

Adapun data terbaru Satuan Tugas Penanganan Covid-19 hingga Senin (27/9/2021) pukul 12.00 WIB, menunjukkan bahwa terdapat penambahan 1.390 kasus positif Covid-19.

Penambahan itu mengakibatkan total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 4.209.403 orang, sejak pengumuman kasus pertama pada 2 Maret 2020.

Data yang sama juga menunjukkan ada 3.771 pasien sembuh dari Covid-19 dalam sehari. Jumlah tersebut membuat total kasus kesembuhan hingga saat ini mencapai 4.027.548 orang.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Sebut Indonesia Sedang Persiapkan Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

Sementara itu, jumlah pasien yang meninggal dunia bertambah 118 orang sehingga total kasus kematian akibat Covid-19 mencapai 141.585 orang sejak awal pandemi.

Selain itu, saat ini juga tercatat ada 40.270 kasus aktif Covid-19. Kasus aktif adalah pasien yang masih terkonfirmasi positif virus corona dan menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Baca Juga: KG Media Serahkan Bantuan pada Masyarakat Terdampak Pandemi Melalui Rumah Harapan Melanie



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x