Kompas TV regional berita daerah

Pocong Gentayangan Di Lokasi Vaksinasi

Kompas.tv - 28 September 2021, 11:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Beragam cara dapat dilakukan untuk menyadarkan masyarakat agar segera melakukan vaksinasi Covid-19. Seperti di Kendal, Jawa Tengah, sejumlah petugas vaksinator mengenakan pakaian ala hantu saat melakukan vaksinasi pada malam hari.

Suasana vaksinasi di Desa Poncorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, tampak lain dari biasanya. Jika biasanya petugas kesehatan dan vaksinator mengenakan pakaian resmi, kali ini mereka mengenakan pakaian ala hantu seperti pocong, kuntilanak, hingga suster ngesot.

Selain untuk hiburan warga, aksi ini sengaja dilakukan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19. Terlebih saat ini vaksinasi di Desa Poncorejo terbilang rendah dibandingkan desa lain di Kabupaten Kendal.

Salah satu warga mengaku terhibur dengan adanya vaksinasi ala hantu tersebut. Mereka juga bersyukur vaksinasi yang digelar malam hari membantu warga yang tidak dapat meninggalkan pekerjaan pada siang hari.

"Mungkin bisa menyadarkan warga untuk vaksin, karena vaksin itu menyehatkan," ujar Eni Puji Lestari, warga Poncorejo.

Kapolres Kendal, AKBP Yuniar Ariefianto mengungkapkan, vaksinasi ala hantu sengaja digelar untuk menarik minat masyarakat. Terbukti, karena  penasaran banyak warga datang untuk ikut vaksinasi.

"Vaksin ini kami maksut untuk menghibur masyarakat luas, selain kami tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Antusias masyarakat sangat luar biasa, diluar ekspektasi kami, mereka datang ke Balai Desa Gemuh untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi malam hari. Karena masyarakat selama ini ternyata enggan ataupun tidak bisa meninggalkan pekerjaannya di kala siang," kata AKBP Yuniar Ariefianto.

Saat ini warga yang sudah mengikuti vaksin di Kabupaten Kendal baru mencapai  40 persen. Ditargetkan hingga akhir bulan September 70 persen sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

#kabupatenkendal #vaksinasi #covid19



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x