Kompas TV regional berita daerah

Nelayan di Probolinggo Beramai-ramai Tolak PP Nomor 85/2021

Kompas.tv - 28 September 2021, 11:03 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Ratusan nelayan dan anak buah kapal di Kota Probolinggo Jawa Timur berunjuk rasa menolak peraturan pemerintah tentang jenis dan tarif atas penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Mereka menilai aturan itu secara tidak langsung merugikan nelayan dan ABK.

Unjuk rasa itu dilakukan di area kantor satuan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan Probolinggo, tepatnya di pelabuhan perikanan pantai mayangan, pada Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Ratusan Nelayan Tegal Surati Presiden: "Biar Usaha Perikanan Kami bisa Berjalan Dulu"

Dalam aksinya, mereka menolak peraturan pemerintah nomor 85 tahun 2021 tentang jenis dan tarif atas PNBP. Massa menuntut pemerintah mengkaji ulang atau mencabut peraturan itu, karena dapat berdampak buruk pada mata pencaharian nelayan.

Aksi para nelayan dipicu oleh sikap asosiasi pengusaha ikan yang mengancam tidak akan beroperasi, karena merasa terbebani dengan aturan tersebut. Jika perusahaan ikan tidak beroperasi, maka berdampak pada nelayan.

Asosiasi pengusaha ikan menyebut aturan itu memberatkan pengusaha ikan, karena pembayaran PNBP meningkat dari 1 triliun meningkat 12 triliun.

Di Kabupaten Probolinggo, ada 28 perusahaan penangkap ikan yang menaungi seribu nelayan dan anak buah kapal.

 

#Nelayan #PengusahaIkan #AnakBuahKapal

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.