Kompas TV regional berita daerah

Kesulitan Ekonomi, Pensiunan Polisi Jadi Manusia Silver

Kompas.tv - 28 September 2021, 10:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Manusia silver terjaring razia petugas Satpol PP di perempatan Jalan Arteri Yos Sudarso Kota Semarang, viral di media sosial. Mirisnya, manusia silver tersebut ternyata seorang pensiunan polisi yang kesulitan masalah ekonomi dan terpaksa bekerja. 

Kegiatan penertiban gelandangan dan pengemis (gepeng) yang berdandan seperti manusia silver rutin dilakukan oleh petugas Satpol PP Kota Semarang. Tanpa perlawanan, manusia silver yang sudah berusia tua beserta kotak tempat menyimpan uang sumbangan, dibawa petugas Satpol PP menuju mobil patroli.

Saat diperiksa identitasnya, terungkap manusia silver itu adalah seorang pensiunan polisi bernama Agus Dartono (61), warga Jalan Bukit Dahlia, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Petugas Satpol PP pun akhirnya melepas Agus.

Agus Dartono mengaku, dirinya mendapat ide untuk menjadi manusia silver karena terbentur permasalahan ekonomi. Pasalnya, selain uang pensiunan sudah habis untuk membayar tagihan, dirinya juga tidak memiliki penghasilan lainnya.

"Nggak punya uang, cari uang dapat Rp 20 ribu, dipegang Satpol PP. Saya bilang bekas anggota polisi, pensiunan polisi. Saya merasa malu kepada kerabat kepolisian Republik Indonesia, terutama bapak kapolda maupun bapak kapoltabes atas kesalahan saya," ujar Agus Dartono, pensiunan Polri.

Mengetahui kondisi yang dialami oleh pensiunan Polri Agus Dartono, jajaran Polrestabes Semarang mencari keberadaan Agus. Untuk meringankan beban pensiunan Polri tersebut, sejumlah bantuan diberikan.

"Beliau pantang untuk menyampaikan apa yang dirasa kekurangan beliau selama ini, beliau ingin tanggung sendiri. Beliau juga sudah meminta maaf bahwa apa yang telah beliau lakukan itu ternyata membuat Polrestabes Semarang atau Polri menjadi kurang pas. Beliau minta maaf untuk itu, kemudian atas petunjuk kapolda, wakapolda, maupun Pak Kapoltabes Semarang, Pak Agus berkenan untuk bekerja dan nantinya akan kami karyakan," kata AKBP Iga Dwi Perbawa Nugraha, Wakapolrestabes Semarang.

Terakhir bertugas Agus Dartono adalah anggota satuan lalu lintas di Polsek Tembalang. Dengan bantuan yang diberikan oleh jajaran Polrestabes Semarang hingga Polda Jawa Tengah diharapkan Agus Dartono tidak perlu lagi mengemis dan menjadi manusia silver.

#kotasemarang #polri #manusiasilver



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.