Kompas TV regional berita daerah

Kesulitan Ekonomi, Pensiunan Polisi Jadi Manusia Silver

Selasa, 28 September 2021 | 10:50 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Manusia silver terjaring razia petugas Satpol PP di perempatan Jalan Arteri Yos Sudarso Kota Semarang, viral di media sosial. Mirisnya, manusia silver tersebut ternyata seorang pensiunan polisi yang kesulitan masalah ekonomi dan terpaksa bekerja. 

Kegiatan penertiban gelandangan dan pengemis (gepeng) yang berdandan seperti manusia silver rutin dilakukan oleh petugas Satpol PP Kota Semarang. Tanpa perlawanan, manusia silver yang sudah berusia tua beserta kotak tempat menyimpan uang sumbangan, dibawa petugas Satpol PP menuju mobil patroli.

Saat diperiksa identitasnya, terungkap manusia silver itu adalah seorang pensiunan polisi bernama Agus Dartono (61), warga Jalan Bukit Dahlia, Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Petugas Satpol PP pun akhirnya melepas Agus.

Agus Dartono mengaku, dirinya mendapat ide untuk menjadi manusia silver karena terbentur permasalahan ekonomi. Pasalnya, selain uang pensiunan sudah habis untuk membayar tagihan, dirinya juga tidak memiliki penghasilan lainnya.

"Nggak punya uang, cari uang dapat Rp 20 ribu, dipegang Satpol PP. Saya bilang bekas anggota polisi, pensiunan polisi. Saya merasa malu kepada kerabat kepolisian Republik Indonesia, terutama bapak kapolda maupun bapak kapoltabes atas kesalahan saya," ujar Agus Dartono, pensiunan Polri.

Mengetahui kondisi yang dialami oleh pensiunan Polri Agus Dartono, jajaran Polrestabes Semarang mencari keberadaan Agus. Untuk meringankan beban pensiunan Polri tersebut, sejumlah bantuan diberikan.

"Beliau pantang untuk menyampaikan apa yang dirasa kekurangan beliau selama ini, beliau ingin tanggung sendiri. Beliau juga sudah meminta maaf bahwa apa yang telah beliau lakukan itu ternyata membuat Polrestabes Semarang atau Polri menjadi kurang pas. Beliau minta maaf untuk itu, kemudian atas petunjuk kapolda, wakapolda, maupun Pak Kapoltabes Semarang, Pak Agus berkenan untuk bekerja dan nantinya akan kami karyakan," kata AKBP Iga Dwi Perbawa Nugraha, Wakapolrestabes Semarang.

Terakhir bertugas Agus Dartono adalah anggota satuan lalu lintas di Polsek Tembalang. Dengan bantuan yang diberikan oleh jajaran Polrestabes Semarang hingga Polda Jawa Tengah diharapkan Agus Dartono tidak perlu lagi mengemis dan menjadi manusia silver.

#kotasemarang #polri #manusiasilver

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV Jateng


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:24
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19