Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Suku Tengger di Desa Penyangga Wisata Bromo Tuntas

Kompas.tv - 28 September 2021, 11:04 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Antusiasme suku tengger di Probolinggo Jawa Timur dalam mengikuti vaksinasi Covid-19 patut ditiru. Pasalnya warga di daerah wisata Gunung Bromo itu telah menuntaskan vaksinasi hingga 100 persen.

Desa itu adalah Desa Ngadisari, yang seluruh warganya merupakan suku tengger. Desa itu berada kawasan wisata Gunung Bromo, tepatnya di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga: Puan Maharani Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Jakarta Barat

Desa itu menjadi yang pertama menuntaskan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. 100 persen warganya sudah menjalani vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

Jumlah warga yang divaksin sebanyak 1.100 orang atau sekitar 92 persen dari total populasi. Kelompok terakhir yang divaksin adalah pelajar dari tingkat SMP hingga SMA.

Salah satu tokoh masyarakat tengger, Supoyo mengaku bahwa pendekatan dari pemerintah desa yang didukung para sesepuh serta tokoh masyarakat membuat vaksinasi di desa penyanggah wisata bromo itu berlangsung lebih cepat.

Baca Juga: Masuk 10 Negara Terbanyak di Dunia, Capaian Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Berikan Optimisme

Padahal sebelumnya, warga yang bermukim di lereng bromo enggan divaksin dengan alasan takut meninggal atau mengalami efek samping lainnya.

Meski vaksinasi sudah tuntas, warga setempat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan memanfaatkan aplikasi peduli-lindungi.

Diharapkan percepatan vaksinasi Covid-19 di Desa Ngadisari menjadi contoh bagi warga di desa lain sehingga pembentukan kekebalan kelompok dalam menghadapi covid-19 segera tercapai.

 

#VaksinCovid-19 #SukuTengger #GunungBromo #PelakuWisata



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.