Kompas TV regional berita daerah

TNI AL Perluas Jangkauan Vaksinasi Hingga Kepulauan Kecil di Madura

Selasa, 28 September 2021 | 10:37 WIB

SAMPANG, KOMPAS.TV – Akademi Angkatan Laut (AAL) ikut terlibat menggelar vaksinasi Covid-19. Serbuan vaksinasi TNI AL itu fokus ke masyarakat maritim, salah satunya di Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura, pada Sabtu (25/9/2021).   

Ada 500 dosis vaksin yang disediakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AAL. Yang terealisasi 369 dosis dengan rincian 233 untuk dosis kedua dan 136 untuk dosis pertama. Sisanya diberikan kepada Puskesmas Pulau Mandangin untuk melanjutkan vaksinasinya.

Baca Juga: Dermaga Speed Boat Wayame Jadi Sasaran Vaksinasi TNI AL

Penyuntikan vaksin dilakukan di dua tempat, yaitu di geladak Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet-07 dan di Balai Desa Mandangin. Untuk vaksinasi di atas kapal angkatan laut dilakukan dengan cara mencari sasaran nelayan dan warga, yang sedang melaut atau berlayar.

Mereka kemudian diminta untuk merapatkan perahu ke buritan, lambung kanan atau lambung kiri KAL Kadet. Selanjutnya mereka diperiksa kondisi kesehatannya dan disuntik vaksin. Usai divaksin, mereka diberi bantuan sembako dan vitamin.

Sedangkan vaksinasi di Balai Desa Mandangin dilakukan dengan mengajak seluruh warga, yang mayoritas nelayan untuk datang ke balai desa dan dilakukan suntik vaksin.

Baca Juga: TNI AL Gelar Vaksinasi Untuk Nelayan di Rembang

Vaksinasi di kepulauan kecil ini mendapat perhatian dari Gubernur Akademi Angkatan Laut, Mayjend TNI Nur Alamsyah. Ia datang ke lokasi dengan menggunakan dua Kapal Angkatan Laut, yakni Kadet VIII-06 dan Kadet VIII-07.

Mayjen TNI Nur Alamsyah mengatakan bahwa AAL akan terus mendorong dan membantu agar serbuan vaksin semakin meluas dan meningkat sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) dapat terbangun sesuai dengan yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi dan yang diperintahkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono.

Serbuan vaksinasi Covid-19 kali ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya AAL juga pernah menggelar vaksinasi pertama di Mandangin pada 14 Agustus lalu dengan 400 dosis vaksin.

Baca Juga: Helikopter AS565 Panther Bantu Kegiatan Operasi TNI AL di Pulau Sekatung

Serbuan vaksin dan bakti sosial itu digelar dalam rangka peringatan HUT ke-76 TNI pada tanggal 5 Oktober dan HUT ke-70 AAL pada 10 Oktober 2021, serta pengabdian 33 tahun TNI-Polri Akabri 89.

 

#TNIAL #AAL #Vaksinasi #Covid-19 #Madura

Penulis : KompasTV Jember

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:00
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19