Kompas TV regional berita daerah

TNI AL Perluas Jangkauan Vaksinasi Hingga Kepulauan Kecil di Madura

Kompas.tv - 28 September 2021, 10:37 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SAMPANG, KOMPAS.TV – Akademi Angkatan Laut (AAL) ikut terlibat menggelar vaksinasi Covid-19. Serbuan vaksinasi TNI AL itu fokus ke masyarakat maritim, salah satunya di Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura, pada Sabtu (25/9/2021).   

Ada 500 dosis vaksin yang disediakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AAL. Yang terealisasi 369 dosis dengan rincian 233 untuk dosis kedua dan 136 untuk dosis pertama. Sisanya diberikan kepada Puskesmas Pulau Mandangin untuk melanjutkan vaksinasinya.

Baca Juga: Dermaga Speed Boat Wayame Jadi Sasaran Vaksinasi TNI AL

Penyuntikan vaksin dilakukan di dua tempat, yaitu di geladak Kapal Angkatan Laut (KAL) Kadet-07 dan di Balai Desa Mandangin. Untuk vaksinasi di atas kapal angkatan laut dilakukan dengan cara mencari sasaran nelayan dan warga, yang sedang melaut atau berlayar.

Mereka kemudian diminta untuk merapatkan perahu ke buritan, lambung kanan atau lambung kiri KAL Kadet. Selanjutnya mereka diperiksa kondisi kesehatannya dan disuntik vaksin. Usai divaksin, mereka diberi bantuan sembako dan vitamin.

Sedangkan vaksinasi di Balai Desa Mandangin dilakukan dengan mengajak seluruh warga, yang mayoritas nelayan untuk datang ke balai desa dan dilakukan suntik vaksin.

Baca Juga: TNI AL Gelar Vaksinasi Untuk Nelayan di Rembang

Vaksinasi di kepulauan kecil ini mendapat perhatian dari Gubernur Akademi Angkatan Laut, Mayjend TNI Nur Alamsyah. Ia datang ke lokasi dengan menggunakan dua Kapal Angkatan Laut, yakni Kadet VIII-06 dan Kadet VIII-07.

Mayjen TNI Nur Alamsyah mengatakan bahwa AAL akan terus mendorong dan membantu agar serbuan vaksin semakin meluas dan meningkat sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) dapat terbangun sesuai dengan yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi dan yang diperintahkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono.

Serbuan vaksinasi Covid-19 kali ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya AAL juga pernah menggelar vaksinasi pertama di Mandangin pada 14 Agustus lalu dengan 400 dosis vaksin.

Baca Juga: Helikopter AS565 Panther Bantu Kegiatan Operasi TNI AL di Pulau Sekatung

Serbuan vaksin dan bakti sosial itu digelar dalam rangka peringatan HUT ke-76 TNI pada tanggal 5 Oktober dan HUT ke-70 AAL pada 10 Oktober 2021, serta pengabdian 33 tahun TNI-Polri Akabri 89.

 

#TNIAL #AAL #Vaksinasi #Covid-19 #Madura



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x