Kompas TV entertainment selebriti

Penyanyi R Kelly Dihukum Penjara Puluhan Tahun dalam Kasus Pelecehan Seksual

Selasa, 28 September 2021 | 06:06 WIB
penyanyi-r-kelly-dihukum-penjara-puluhan-tahun-dalam-kasus-pelecehan-seksual
Foto ini diambil pada 9 Mei 2008, ketika R. Kelly tiba untuk menghadiri persidangan pornografi anak di Cook County Criminal Courthouse di Chicago, Amerika Serikat. R. Kelly, superstar R&B yang terkenal dengan lagunya I Believe I Can Fly, dihukum pada Senin, 27 September 2021 dalam persidangan perdagangan seks setelah puluhan tahun menghindari tanggung jawab pidana. (Sumber: Associated Press)

NEW YORK, KOMPAS.TV — Penyanyi R&B, R. Kelly, yang dikenal di seluruh dunia dengan lagu "I Believe I Can Fly," dihukum dalam persidangan kasus perdagangan seks, Senin (27/9/2021).

Sebelumnya, selama puluhan tahun dia menghindari tanggung jawab pidana atas berbagai tuduhan pelanggaran seksual dengan wanita muda dan anak-anak.

Juri yang terdiri dari tujuh pria dan lima wanita menyatakan Kelly, 54, bersalah atas sembilan tuduhan, termasuk pemerasan.

Kelly yang mengenakan masker wajah, terlihat tertunduk saat putusan dibacakan di pengadilan federal di Brooklyn, Amerika Serikat (AS).

Kelly akan menghadapi hukuman puluhan tahun penjara dan hukuman dijadwalkan akan dilaksanakan pada 4 Mei.

Baca Juga: 5 Jenis Pelecehan Seksual yang Sering Terjadi di Ruang Publik

Jaksa menuduh bahwa rombongan manajer dan asistennya ikut membantu Kelly bertemu gadis-gadis dan membuat mereka patuh, diam, dan mengikuti keinginan mereka. Kelompok mereka kemudian dinyatakan sebagai perusahaan kriminal. 

Kelly juga dihukum karena tuduhan melanggar Undang-Undang Mann. Atas jeratan hukum ini, dia tidak diperbolehkan untuk membawa siapa pun melintasi batas negara bagian. 

“Kepada para korban dalam kasus ini, suara Anda didengar dan keadilan akhirnya ditegakkan,” kata Penjabat Jaksa AS Jacquelyn Kasulis, seperti dikutip dari The Associated Press.

Peter Fitzhugh, seorang agen investigasi Keamanan Dalam Negeri, mengatakan vonis itu mengakhiri teror selama satu dekade yang dialami banyak gadis, anak laki-laki dan wanita muda yang rentan.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19