Kompas TV regional berita daerah

Angka Kematian Covid-19 di Blitar Berhenti, Kasus Positif Tak Bertambah Artikel ini telah tayang d

Kompas.tv - 28 September 2021, 02:00 WIB
angka-kematian-covid-19-di-blitar-berhenti-kasus-positif-tak-bertambah-artikel-ini-telah-tayang-d
Dalam foto yang diambil pada 21 Januari 2021 ini, terlihat pekerja sedang mengemas kotak berisi botol Covishield, yaitu vaksin AstraZeneca yang diproduksi di Serum Institute of India di Pune, India. India mengatakan akan melanjutkan ekspor dan sumbangan vaksin Covid-19 pada Oktober tahun ini. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Herwanto

BLITAR, KOMPAS.TV - Kasus kematian Covid-19 di Kabupaten Blitar berhenti sejak dua hari terakhir. Selain itu kasus positif juga tidak ada penambahan lagi. 

Berdasarkan data Tim Covid-19 Kabupaten Blitar, angka kematian Covid-19 secara kumulatif tercatat sebanyak 1.635 kasus. Sedangkan kasus positif berhenti di angka akumulatif 10.814 kasus. 

Sementara angka kesembuhan bertambah lima. Secara akumulatif angka kesembuhan menjadi 9.135 kasus. Saat ini tinggal 17 warga yang menjalani perawatan di rumah sakit luar wilayah.  

Baca Juga: Mahasiswi 19 Tahun Tawarkan Investasi Bodong, Miliaran Rupiah Uang Korban Untuk Foya-Foya

"Tambahan kasus kematian dan positif hari ini nihil," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Eko Wahyudi, Senin (27/9).

Eko mengatakan, saat ini hanya 12 orang yang dirawat di rumah sakit rujukan, empat orang di rumah sakit penyangga dan 11 orang menjalani isolasi terpadu. Sedangkan, vaksinasi untuk anak-anak usia 12 tahun ke atas sudah mencapai 50,2 persen atau 483.095 jiwa.

Baca Juga: Krisis BBM Inggris Makin Parah, 90 Persen SPBU di Beberapa Wilayah Kehabisan Stok

Terus berkurangnya kasus positif dan kematian menjadikan Kabupaten Blitar turun lagi ke PPKM level 1. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Endah Woro Utami mengatakan, salah satu instrumen PPKM kembali turun level dari II ke I yakni karena nihilnya pasien meninggal dunia.

"Selain itu karena tambahan kasus positif sedikit dan pasien yang dirawat juga sedikit," ujar Endah.

Atas penurunan ini, beberapa sektor seperti pendidikan, pariwisata dan ekonomi juga telah dilakukan pelonggaran. Endah mengatakan pelaksanaan pelonggaran berlangsung bertahap dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat.

"Tujuannya agar tidak kembali terjadi lonjakan kasus baru," kata Endah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x