Kompas TV olahraga kompas sport

Hancurkan Tottenham, Mikel Arteta Diyakini Bisa Jadi The Next Arsene Wenger

Kompas.tv - 27 September 2021, 23:34 WIB
hancurkan-tottenham-mikel-arteta-diyakini-bisa-jadi-the-next-arsene-wenger
Pelatih Arsenal Mikel Arteta. (Sumber: Instagram@arsenal)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Arsenal sukses memenangi Derbi London Utara dengan melibas Tottenham Hotspur 3-1 pada Minggu (26/9/2021) malam waktu Indonesia. Penampilan impresif anak asuh Mikel Arteta membuat kepercayaan terhadap sang pelatih kembali menguat.

The Gunners menghancurkan Spurs di babak pertama dengan keunggulan 3-0. Emile Smith-Rowe, Pierre-Emerick Aubameyang, serta Bukayo Saka bergantian menjebol gawang Hugo Lloris.

Tiga gol itu hanya bisa dibalas sekali oleh tim tamu. Skuad besutan Nuno Espirito Santo mencetak satu gol hiburan lewat aksi Son Heung-min pada babak kedua.

Eks pemain Arsenal, Gael Clichy pun optimistis akan masa depan Arteta usai kesuksesan di Derbi London Utara. Bahkan, pensiunan pesepakbola asal Prancis ini menyebut sang pelatih dapat menjadi “Arsene Wenger yang selanjutnya”.

Baca Juga: William Gallas: Arsenal Salah Pilih Mikel Arteta sebagai Pelatih

“Arteta punya pengetahuan sangat luas dan dia punya kemewahan untuk belajar langsung dari Pep (Guardiola),” kata Clichy kepada BBC Radio 5.

Clichy sendiri pernah bekerja sama dengan Arteta sebagai staf kepelatihan Manchester City. Ia juga pernah dilatih Wenger ketika membela Arsenal pada 2003-2011.

“Saya benar-benar meyakini bahwa dalam jangka panjang, ia dapat menjadi Arsene Wenger yang selanjutnya. Dia masih muda, dan saya yakin, jika diberi waktu, dia akan membuktikan bahwa orang-orang salah (menilai Arteta),” tegas Clichy.

Arsene Wenger merupakan pelatih legendaris Arsenal yang memimpin klub pada 1996-2018. Ia memenangi tiga gelar Liga Inggris dan tujuh Piala FA.

Wenger juga menjadi satu-satunya pelatih yang mampu membawa sebuah tim meraih gelar Liga Inggris tanpa terkalahkan semusim penuh. Itu terjadi pada 2004.

Mikel Arteta sendiri sempat menuai awal karier yang menjanjikan di kursi pelatih Arsenal. Eks kapten The Gunners itu sukses memimpin Kieran Tierney dan kawan-kawan menjuarai Piala FA 2020.

Akan tetapi, setahun belakangan, performa Arsenal di bawah Arteta mengecewakan. Musim lalu, Arsenal finis di peringkat delapan dan gagal lolos ke kompetisi UEFA untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir.

Awal musim ini, anak asuh Arteta juga menelan tiga kekalahan beruntun. Namun, mereka sukses membalikkan keadaan dan meraih tiga kemenangan beruntun, termasuk mengalahkan Spurs. 

“Hari ini adalah contoh dari apa yang bisa kami lakukan. Ini adalah hari yang spesial,” kata Arteta usai mengalahkan Spurs.

Arsenal sendiri akan melanjutkan kiprah di Liga Inggris pada Sabtu (2/10) mendatang. Mereka akan melawat ke markas Brighton & Hove Albion.

Baca Juga: Aaron Ramsdale Buktikan Diri Pantas Jadi Kiper Nomor 1 di Arsenal

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x