Kompas TV nasional politik

Golkar Akan Umumkan Pengganti Azis Syamsuddin Rabu Sore Mendatang

Kompas.tv - 27 September 2021, 23:23 WIB
golkar-akan-umumkan-pengganti-azis-syamsuddin-rabu-sore-mendatang
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Menggunakan Rompi Tahanan KPK, Sabtu (25/9/2021) (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan mengumumkan pengganti Azis Syamsuddin pada Rabu, 29 September 2021.

Adapun terkait nama penggantinya akan langsung disampaikan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani melalui surat secara resmi.

Sebelumnya, nama pengganti Azis di Senayan akan diumumkan Partai Golkar pada Selasa (28/9/2021) sore.

Namun rencana tersebut ditunda lantaran masih ada proses dan mekanisme yang perlu dilakukan oleh partai dan pihak DPR.

"Masih ada proses dan mekanisme yang perlu dilakukan oleh partai dan pihak DPR. Sehingga nama kader partai Golkar yang akan mengisi kursi wakil ketua DPR akan disampaikan Rabu pukul 4 sore," kata Airlangga usai rapat pleno internal Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Senin (27/9/2021)

Penggantian Azis dilakukan Golkar usai kader yang mulanya didapuk jadi Wakil Ketua DPR RI bidang politik dan keamanan itu justru tersandung kasus suap perkara kasus di Lampung Tengah.

Baca Juga: Partai Golkar Sepakat Mantan Danjen Kopassus Itu Jadi Wakil Ketua DPR Gantikan Azis Syamsuddin

Nantinya, penyerahan nama pengganti Azis Syamsuddin akan diserahkan langsung oleh Airlangga Hartarto dan Ketua Fraksi di Gedung DPR Jakarta.

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar akan mengumumkan pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI pada Selasa (28/9/2021). Hal itu dilakukan setelah Azis ditetapkan sebagai tersangka suap pengurusan perkara di Lampung Tengah.

Menurut Ketua Bidang Hukum DPP Golkar Adies Kadir menyatakan nama pengganti Azis sudah dikantongi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Rencananya Selasa sore diumumkan. Sepertinya nama sudah ada di kantong ketum," kata Adies dikutip dari Kompas.com, Minggu (26/9/2021).

Kendati demikian, Adies mengaku tidak tahu terkait nama calon pengganti Azis di DPR RI.

Lebih lanjut, Adies menyebut terkait nama calon pengganti Azis tidak ada yang tahu lantaran pemilihan merupakan hak prerogatif ketua umum.

"Tidak ada yang tahu, karena hak prerogratif ketua umum," ujarnya.

Sementara itu diketahui, nama Adies sendiri beredar sebagai salah satu calon pengganti Azis. Selain itu, ada juga nama Wakil Ketua Umum DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Wakil Ketua Umum DPP Golkar Melchias Marcus Mekeng.

 

Partai Golkar telah menerima surat pengunduran diri dari Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Surat tersebut diajukan setelah Azis ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi.

Baca Juga: Sekjen Golkar Menguat Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Pimpinan DPR



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x