Kompas TV video sinau

Kelebihan Burung Merpati, Salah Satunya Memiliki Akurasi Tinggi

Kompas.tv - 27 September 2021, 21:19 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Burung merpati sudah sejak lama berdampingan dengan manusia, jaman dulu ketika teknologi belum seperti sekarang. Burung merpati digunakan untuk mengirimkan pesan atau surat. Karena jaman dulu, untuk komunikasi jarak jauh orang-orang menggunakan surat. Mengapa menggunakan burung merpati? Karena merpati punya kelebihan, dapat mengirim surat tanpa tersesat.

Burung merpati memiliki akurasi tinggi, penglihatannya juga tajam. Cuma  satu jenis merpati yang dikembangbiakkan untuk kemampuannya, yaitu Rock Pigeon.

Karena kemampuan ini, mereka sering ditugaskan untuk mengirimkan surat, bahkan pada saat perang! Merpati juga pernah dicoba menjadi bagian dari tim pencarian puing-puing pesawat yang ada di laut. Ketepatan mereka pada saat itu hingga 93%! sedangkan ketepatan manusia hanya 38%. Namun kini teknologi sudah maju,sehingga burung merpati hanya untuk hobi. Untuk sekadar dipelihara atau terlibat dalam perlombaan.  

Di Indonesia ada perlombaan ketangkasan burung merpati,yang disebut merpati tinggi kolong meja. yang dinilai adalah kecepatan dan ketepatan burung merpati jantan yang dilepaskan dari jarak satu atau dua kilometer. Untuk hinggap di merpati betina yang dipegang oleh seseorang dekat meja yang disediakan. 

Baca Juga: Fantastis! Burung Merpati Ini Dijual dengan Harga Rp 1,5 Miliar!

https://www.kompas.tv/article/215526/fantastis-burung-merpati-ini-dijual-dengan-harga-rp-1-5-miliar 

Grafis:Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.