Kompas TV nasional update corona

Masuk 10 Negara Terbanyak di Dunia, Capaian Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Berikan Optimisme

Kompas.tv - 27 September 2021, 20:04 WIB
masuk-10-negara-terbanyak-di-dunia-capaian-vaksinasi-covid-19-di-indonesia-berikan-optimisme
Indonesia masuk daftar 10 negara dengan suntikan vaksin terbanyak di dunia (Sumber: Jasa Marga)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara (Jubir) Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyatakan capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia memberikan optimisme.

Terlebih kata Jodi, Indonesia kini masuk dalam 10 negara dengam suntikan vaksin terbanyak di dunia. Bahkan tercatat telah melampaui target dari WHO.

"Indonesia masuk daftar 10 negara dengan suntikan vaksin terbanyak di dunia. Selain itu, jumlah masyarakat yang divaksinasi sudah melampaui target WHO," kata Jodi melalui keterangan tertulis, Senin (27/9/2021).

Menurut Jodi, capaian vaksinasi ini diperoleh berkat kerja keras semua pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), organisasi masyarakat, organisasi profesi, swasta hingga badan usaha milik negara (BUMN).

Jodi juga menyebut pemerintah pusat terus berupaya mendapatkan vaksin dari negara produsen. Sehingga stok vaksin Covid-19 di Indonesia dapat terjamin.

Baca Juga: Survei Penanganan Covid-19, Indikator Politik Indonesia: Masyarakat Tak Setuju Vaksinasi Berbayar

Perlu diketahui, per Senin (27/9/2021), jumlah warga Indonesia yang telah mendapatkan dua kali suntikan vaksin Covid-19 sebanyak 48,92 juta orang.

Sementara itu, jumlah warga yang sudah mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin pada hari ini tercatat bertambah 701.841 orang. Sehingga total masyarakat yang telah mendapat suntikan dosis satu mencapai 87.162.526 orang.

Adapun total vaksinasi untuk dosis ketiga bertambah sebanyak 4.041 menjadi 909.407 orang.

Pemerintah berencana melakukan vaksinasi Covid-19 pada 208.265.720 (208,27 juta) warga guna mewujudkan kekebalan komunal terhadap penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona tipe SARS-CoV-2.

Dengan demikian, jumlah warga yang mendapat suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 baru 41,85 persen dari total sasaran dan warga yang sudah selesai menjalani vaksinasi baru mencapai 23,48 persen dari seluruh target vaksinasi.

Pemerintah berupaya mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi Covid-19 dengan menyediakan lebih banyak fasilitas pelayanan vaksinasi, termasuk di antaranya menyediakan pelayanan vaksinasi keliling, fasilitas lantatur vaksinasi dan fasilitas pelayanan vaksinasi terapung.

Baca Juga: Ramai-Ramai Perupa Yogyakarta Bakal Melukis On The Spot dalam Vaksinasi Bhinneka Tunggal Ika

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x