Kompas TV nasional update

Dorong Penguatan Prokes pada PON XX, BNPB Operasikan Gerai Masker di Jayapura

Kompas.tv - 27 September 2021, 18:57 WIB
dorong-penguatan-prokes-pada-pon-xx-bnpb-operasikan-gerai-masker-di-jayapura
Relawan protokol kesehatan memberikan masker kain kepada warga di sekitar Stadion Barnabas Yumeo, Senin (27/9/2021). (Sumber: BNPB)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengoperasikan Gerai Masker di Stadion Barnabas Yumeo, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Melalui keterangan tertulis BNPB, Senin (27/9/2021), pengoperasian Gerai Masker tersebut untuk mendorong penguatan protokol kesehatan (prokes) dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Supervisi Subsatgas Protokol Kesehatan PON XX Marsekal Muda Asep Chaerudin menuturkan, gerai masker tersebut bertujuan untuk menerapkan prokes di wilayah Kabupaten Jayapura, khususnya di venue-venue pertandingan.

"Tugas kami adalah memberikan pemahaman lebih besar terkait protokol kesehatan di tempat-tempat yang terlibat dalam PON XX ini," kata Asep saat memantau kegiatan Gerai Masker di Stadion Barnabas Yumeo.

Sementara Kepala Subsatgas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura Gatot Satria Wijaya S menambahkan, Gerai Masker di Stadion Barnabas Yumeo akan dioperasikan jelang pertandingan sepak bola yang akan dilaksanakan besok, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga: Jelang PON XX Papua, BNPB Siapkan Ratusan Relawan untuk Penguatan Disiplin Prokes

"Karena besok hari ada pertandingan sepak bola, maka masker yang dibagikan di stadion ini adalah yang paling banyak mengingat antusias masyarakat yang besar terhadap pertandingan sepak bola," jelas Gatot.

Selain pendirian Gerai Masker, sebanyak 90 relawan juga dikerahkan di lima titik pendistribusian masker di Kabupaten Jayapura.

Hingga hari ini, total masker yang terdistribusi sebanyak 8.375 buah (8 koli), dengan rincian 2.000 masker di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Gereja Injil, 1.000 masker di Stadion Lukas Enembe, 1.000 masker untuk SD Advent Doyo Baru, 1.000 masker di Lapangan Softball TNI AU, dan 2.375 masker di Stadion Barnabas Yumeo (SBY).

Gerai Masker ini mulai beroperasi pada hari ini hingga perhelatan PON XX berakhir pada Jumat (15/10/2021).

Sementara di Kabupaten Biak Numfor, personel TNI juga turut membagikan masker pada warga setempat.

Babinsa Koramil 1708-05/Numfor Sertu Sampurno membagikan masker kepada warga Desa Syoribro, Distrik Poiru, Kab. Biak Numfor, Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Tandai Pembukaan PON XX Papua, Api Abadi PON Akan Dikirab Melewati 5 Wilayah Adat Papua

"Saya memberikan imbauan dan membagikan masker, sekaligus sebagai bentuk dukungan untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di tanah Papua kepada warga sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19," ucap Sertu Sampurno, melalui keterangan tertulis Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih.

Kegiatan pembagian masker ini menyasar warga tak bermasker yang melintas di sepanjang jalan. Dengan pembagian masker ini, diharapkan mereka tergerak untuk kembali mematuhi prokes.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x