Kompas TV regional berita daerah

Patung Perintis Kompas Gramedia, Wujud Syukur Dan Penghormatan

Kompas.tv - 27 September 2021, 18:09 WIB
patung-perintis-kompas-gramedia-wujud-syukur-dan-penghormatan
Peresmian Patung Perintis KG.Berlokasi di Bentara Budaya Jakarta, kegiatan ini juga bertepatan dengan hari kelahiran salah satu perintis KG, Jakob Oetama. (Sumber: KompasGamedia)
Penulis : KompasTV Makassar

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai bentuk penghormatan dan wujud terima kasih atas jasa perintis Kompas Gramedia (KG), pada hari ini 27/09/2021 diselenggarakan Peresmian Patung Perintis KG.Berlokasi di Bentara Budaya Jakarta, kegiatan ini juga bertepatan dengan hari kelahiran salah satu perintis KG, Jakob Oetama.

Keberadaan KG hari ini tidak terlepas dari perjuangan dan dedikasi P.K. Ojong dan Jakob Oetama. Keduanya memiliki latar belakang yang berbeda, namun punya semangat dan cita-cita yang sama untuk mencerahkan masyarakat melalui produk jurnalistik berkualitas. Dua karakter yang disatukan dalam semangat yang sama membuat keduanya kerap dijuluki sebagai Dwi Tunggal KG. Ditangan P.K. Ojong dan Jakob Oetama, KG terus bertahan melewati tantangan di segala zaman. Nilai integritas, humanisme, dan kerja sama yang selalu diajarkan oleh kedua perintis menjadi landasan KG dalam mengembangkan bisnis hingga kini.

Warisan nilai Perintis KG diabadikan dalam bentuk plakat yang dipasang di monumen patung Perintis KG bertuliskan kutipan kedua perintis: “Kalau begitu, bagaimana mesti berbuat baik, bukan saja baik di mata Tuhan, tetapi juga bagi masyarakat, yaitu untuk memperbaiki masyarakat, untuk mengangkat derajat masyarakat.” – P.K. Ojong, dan “Cita-cita besar dan semangat keberagaman dalam kebinekaan kami bawa dalam lingkup yang kecil: Kompas Gramedia. Indonesia kecil atau Indonesia mini menjadi ideologi yang terus dikembangkan.” – Jakob Oetama.

Azmir Azhari, seniman patung realis kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat adalah sosok dibalik pembuatan patung Jakob Oetama. Beliau dipercaya untuk membuat patung Jakob Oetamaberdasar rekam jejak sebagai seniman yang telah membuat patung tokoh-tokoh ternama di Indonesia.

Patung Jakob Oetama diletakkan berdampingan dengan patung P.K. Ojong yang dibuat oleh Seniman Arsono dan diresmikan pada tahun 1987.

Terkait kondisi pandemi, Peresmian Patung Perintis KG diselenggarakan secara hybrid dan ditayangkan melalui kanal YouTube seluruh unit KG Media, Kompas Gramedia, dan Bentara Budaya.

Streaming YouTube terbuka untuk disaksikan oleh karyawan KG, purnakarya KG, serta relasi dan sahabat Perintis KG di mana pun berada, termasuk masyarakat pada umumnya. Turut menyampaikan kesan dan pesan tentang Perintis KG, beberapa sosok sahabat yang mengenal dekat Perintis KG,

antara lain Bapak Jusuf Kalla, Bapak Sofjan Wanandi, Bapak Ishadi S.K., dan Ibu Titiek Puspa.

Secara daring, Kurator Bentara Budaya Sindhunata membuka acara dan menyampaikan bahwa kedua perintis memiliki kecintaan terhadap budaya yang menumbuhkan obsesi untuk menciptakan Indonesia mini di dalam Kompas Gramedia. Didirikannya Bentara Budaya di

Yogyakarta merupakan bukti nyata bahwa ini bukanlah bualan semata. Karena itu, hadirnya patung perintis KG di Bentara Budaya Jakarta merupakan pembuktian akan kecintaan perintis KG terhadap budaya dan seni.



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x