Kompas TV nasional politik

Pemerintah Usul Pilpres dan Pileg 2024 di Tanggal 15 Mei

Kompas.tv - 27 September 2021, 18:34 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menggelar rapat finalisasi usul pemerintah, terkait pelaksanaan pemilihan Presiden dan pemilihan anggota legislatif tahun 2024. Dalam pertemuan itu, pemerintah memilih tanggal 15 Mei 2024.

Tanggal ini merupakan usulan yang akan didiskusikan dengan DPR RI. Setelah mempertimbangkan berbagai aspek seperti libur nasional dan hari keagamaan, maka pemerintah menetapkan usulan pelaksanaan Pemilu pada tanggal 15 Mei.

Baca Juga: Pemilu Jerman Kian Panas, Partai Angela Merkel Tertinggal Sedikit dari Rivalnya

Dengan dilaksanakan pada tanggal 15 Mei, maka KPU memiliki cukup waktu untuk menyiapkan pemilu serentak dan jarak antara Pemilu dengan pelantikan Presiden tak terlalu jauh.

Pemerintah merespons waktu yang diusulkan oleh KPU untuk Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif yakni tanggal 21 Februari. Pemerintah menilai tanggal 21 Februari terlalu panjang ke belakang dan panjang ke depan.

Baca Juga: KPU Usul Anggaran Pemilu 2024 Rp86 Triliun, Mendagri AnggapTerlalu Tinggi

Sebagai informasi, rapat internal untuk finalisasi usul pemerintah terkait waktu pemilu dilaksanakan pada Senin (27/9/2021) pukul 09.30 WIB.

Hadir dalam rapat di antaranya Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Mensesneg Pratikno, Menkopolhukam Mahfud MD, Menseskab Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menkumham Yasonna Laoly, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Video editor: Faqih Fisabilillah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.