Kompas TV regional berita daerah

Elpiji 3 Kg Langka dan di Atas HET, Pangkalan Usul Subsidi Dicabut dan Dialihkan ke BLT

Senin, 27 September 2021 | 17:53 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Dalam dua pekan terakhir, gas elpiji tabung tiga kilogram di Banjarmasin mengalami kelangkaan di pangkalan, akibatnya harga elpiji tabung melon yang diperuntukan bagi warga miskin merangkak di eceran hingga mencapai 35 ribu rupiah.

Padahal harga eceran tertinggi di Banjarmasin ditetapkan senilai Rp. 17.500, beberapa warga pun terpaksa harus berkeliling mencari elpiji tiga kilogram demi kebutuhan rumah tangga, mengingat di pangkalan tidak lagi tersedia.

“Banyak sekali tidak ada, ada yang kemarin itu 33 ribu di Jalan Kenari sekarang kosong juga,” ungkap seorang warga, Ali Syafii, yang sibuk mencari gas elpiji bersubsidi tersebut.

Baca Juga: Video Viral Lolos Penjagaan Pakai Kode 'Aku Ading Basit' Masuk Jembatan Alalak Banjarmasin

Sementara, pemilik pangkalan gas di Jalan Veteran, Banjarmasin, Adi Chandra, mengaku kebingungan dengan langkanya elpiji tiga kilogram tersebut, di tengah kuota yang disediakan cukup untuk kebutuhan warga, ditambah lagi adanya penambahan agen baru di Banjarmasin.

Pemilik pangkalan pun mengusulkan perlunya pencabutan subsidi elpiji tiga kilogram dari Pemerintah, sementara, agar tepat sasaran, warga miskin yang terdata dan memiliki kartu gas elpiji bersubsidi diganti atau dialihkan menjadi bantuan langsung tunai.


“Kalau boleh usul pak kami pangkalan untuk yang kartu subsidi kan terdata ada semua nama-namanya, mereka kan rata-rata memegang kartu miskin atau kartu PKH, jadi pemerintah bisa bantu untuk subsidi yang 3 kilo kalau bisa dicabut aja pak, jadi kita jual rata di harga 35 atau 40 ribu, yang memiliki kartu subsidi transfer uang bulanan untuk subsidi gasnya,” saran Adi Chandra.

Baca Juga: Polisi Bantah Kawal Rombongan Moge yang Viral Lintasi Jembatan Alalak

Jika subsidi dicabut, pemilik pangkalan elpiji pun memperkirakan harga yang dijual berada di kisaran Rp. 35.000,- hingga Rp. 40.000,- di pangkalan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran para pengecer yang menjual harga tinggi.

Penulis : KompasTV Banjarmasin

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19