Kompas TV nasional budaya

Peresmian Patung Perintis Kompas Gramedia Jakob Oetama dan PK Ojong Diresmikan

Kompas.tv - 27 September 2021, 17:43 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai bentuk penghormatan atas sumbangsih dari dwitunggal perintis Kompas Gramedia, patung PK Ojong dan Jakob Oetama diresmikan pagi tadi. Melalui patung ini, nilai warisan keduanya diharapkan terus dikenang dan diterapkan dari generasi ke generasi.

Kedua patung perintis Kompas Gramedia ini diresmikan langsung oleh CEO Kompas Gramedia, Lilik Oetama. Harapannya, melalui patung ini generasi muda Kompas Gramedia bisa mengenal kedua perintis, dan memegang nilai-nilai yang diwariskan seperti disiplin, peduli kepada masyarakat, sederhada dan kebersamaan.

Baca Juga: Mengenang Tokoh Pers Indonesia, Kompas Gramedia Resmikan Patung Jakob Oetama dan PK Ojong

Patung Jakob Oetama merupakan karya Azmir Azhari, seniman asal Payakumbuh, Sumatera Barat. Sementara itu, patung PK Ojong sudah dibuat sejak tahun 1987 silam oleh seorang seniman bernama Arsono dari Yogyakarta. Butuh waktu sekitar 3 bulan bagi Azmir untuk bisa memahat patung yang sesuai dengan karakter Jakob Oetama. 

 

Peresmian patung perintis Kompas Gramedia ini digelar bertepatan dengan hari lahir Jakob Oetama yang jatuh pada tanggal 27 September. Bentara Budaya Jakarta dipilih sebagai tempat peresmian patung, untuk melambangkan rasa cinta Jakob Oetama dan PK Ojong terhadap seni dan budaya.

Video editor: Jihan Zahirah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x