Kompas TV internasional kompas dunia

Menengok Instalasi Seni yang Membungkus L Arc de Triomphe

Senin, 27 September 2021 | 17:36 WIB
menengok-instalasi-seni-yang-membungkus-l-arc-de-triomphe
Instalasi seni L'Arc de Triomphe Wrapped, rancangan Christo dan Jeanne-Claude. (Sumber: Christo and Jeanne-Claude Foundation/Wolfgang Volz via Dezeen.com)

PARIS, KOMPAS.TV - Salah satu ikon Kota Paris, Prancis, L’Arc de Triomphe, baru-baru ini tampil mencuri perhatian publik karena terbungkus kain selebar 25.000 meter persegi.

Gubahan wujud L’Arc de Triomphe untuk sementara waktu ini merupakan wujud karya seni dari mendiang Christo dan Jeanne-Claude, yang terkenal pernah membungkus bangunan-bangunan publik besar lainnya di dunia.

Melansir Dezeen, kain yang digunakan untuk instalasi itu adalah jenis polypropylene fabric, sebuah thermoplastic ramah lingkungan berwarna biru silver yang diikat dengan tali berwarna merah sepanjang 7.000 meter.

Christo sempat mengungkapkan, pemilihan material tersebut memiliki maksud untuk membangkitkan kesan 'hidup' pada L’Arc de Triomphe hingga orang-orang pun tak segan untuk menyentuhnya.

Baca Juga: Surabaya Art and Culture Festival 2021 Siap Suguhkan Karya Seni Sarat Nilai Sejarah Kota Pahlawan

Penampakan instalasi seni LArc de Triomphe Wrapped dari salah satu sudut jalan di Kota Paris, Prancis. (Sumber: Christo and Jeanne-Claude Foundation/Benjamin Loyseau via Dezeen.com)

Kendati demikian, Christo mengaku, tujuan penggunaan material yang dapat memantulkan cahaya saat tertiup angin tersebut pasti sulit untuk dipahami banyak orang.

"(Akan) ada banyak orang yang kesulitan untuk memahami makna dari proyek kami, namun semua interpretasi itu sah," kata Christo kepada Dezeen pada 2018 silam.

Selain itu, makna dari instalasi seni tersebut juga selaras dengan rencana renovasi kawasan L’Arc de Triomp dan jalan Champs-Elysees menjadi ruang publik yang ramah pejalan kaki.

Sembari menikmati pemandangan dari The Large Place Charles de Gaulle yang mengelilingi monumen, masyarakat tetap bisa melihat instalasi dan menyentuhnya secara bebas.

Baca Juga: Pameran Karya Seni Terakhir Seniman Rudi Corens, Inisiator Pendiri Museum Anak Kolong Tangga

Terlihat salah seorang pengunjung yang masih anak-anak sedang menyentuh kain penutup dalam instalasi seni LArc de Triomphe Wrapped. (Sumber: Christo and Jeanne-Claude Foundation/Benjamin Loyseau via Dezeen.com)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Dezeen


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Mayat Mengambang Dikira Bantal

Rabu, 20 Oktober 2021 | 22:23 WIB
Berita Daerah

Rumah Terbakar Lansia Terluka

Rabu, 20 Oktober 2021 | 22:17 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:56
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19