Kompas TV nasional peristiwa

Waspada! Ada Pusat Badai di Kota Depok, Hujan Angin Kencang hingga 28 September

Kompas.tv - 27 September 2021, 17:04 WIB
waspada-ada-pusat-badai-di-kota-depok-hujan-angin-kencang-hingga-28-september
Ilustrasi hujan angin kencang di Depok akibat pusat badai. Prakiraan cuaca BMKG juga menyebut keberadaan siklon tropis di sejumlah wilayah Indonesia yang dapat menyebabkan cuaca ekstrem. (Sumber: KOMPAS.COM/JUNAEDI)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Edy A. Putra

DEPOK, KOMPAS.TV - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem akibat keberadaan pusat badai di Depok. Sementara, prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut soal keberadaan siklon tropis di sejumlah wilayah di Indonesia.

Fenomena alam pusat badai telah menyebabkan hujan yang disertai angin kencang melanda Kota Depok pada beberapa hari terakhir, tepatnya tanggal 21, 24 dan 26 September lalu.

Hal ini diungkapkan Erma Yulihastin, peneliti dari Tim Reaksi dan Analisis Kebencanaan (TReAK) dan Tim Variabilitas Iklim dan Awal Musim (Tiviam) Pusat Riset Sains dan Teknologi Atmosfer (PRSTA) BRIN pada Senin (27/9/2021).

”Depok menjadi pusat pembentukan badai dengan kecepatan angin di permukaan bisa mencapai 5-8 meter per detik. Kebetulan, pembelokan angin dari utara (Laut Jawa) arahnya menuju Depok,” kata Erma, dilansir dari kompas.id.

Baca Juga: Temukan Potensi Badai Tropis Mindulle, BMKG Ternate Minta Masyarakat Malut Waspada

Erma mengatakan, hujan badai ini muncul karena suhu permukaan laut di Samudera Hindia bagian selatan Jawa Barat menghangat. Selain itu, pusat badai juga terbentuk akibat pergerakan angin ke utara garis konvektif.

"Kondisi ini menyebabkan suplai uap air yang berlimpah yang memicu pembentukan awan-awan konvektif lokal di kawasan Jawa barat dengan pusat badai skala meso terbentuk di Depok dan sekitarnya,” jelas Erma.

Pusat badai ini diprediksi akan kembali menyebabkan cuaca ekstrem pada 27-28 September 2021.

Selain itu, hujan badai di Depok sebelumnya juga memiliki hubungan erat dengan pengaruh lokal yang menyebabkan tiga mekanisme badai yang berbeda. 

Pada 21 September, hujan badai terbentuk dari satu sel badai terisolasi yang mulai tumbuh sejak pukul 13.00 hingga mencapai puncak pada pukul 18.00.

Sel tunggal badai yang terkonsentrasi di Jawa Barat ini didukung oleh angin dari selatan yang mengalami pembelokan menjadi angin dari utara menuju Depok dan sekitarnya.

Lalu, hujan deras juga terjadi pada 24 September karena pengaruh pergerakan garis konveksi yang membentang di pesisir selatan Jawa Barat. 

Sementara, hujan badai terjadi pada 26 September akibat penggabungan tiga sel badai di selatan dan utara Jawa Barat menjadi badai skala meso yang terjadi di atas Depok.



Sumber : Kompas TV/Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.