Kompas TV nasional politik

Kubu Moeldoko Minta SBY dan AHY Tidak Bangun Narasi Sesat soal Penegakan Hukum

Kompas.tv - 27 September 2021, 15:53 WIB
kubu-moeldoko-minta-sby-dan-ahy-tidak-bangun-narasi-sesat-soal-penegakan-hukum
Di hari ulang tahunnya, AHY mendapat hadiah lukisan dari sang ayah, SBY. (Sumber: Instagram/@agusyudhoyono)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kubu Moeldoko meminta Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak membangun narasi sesat soal penegakan hukum terkait gugatan AD/ART Partai Demokrat.

Pernyataan itu disampaikan Jubir Kubu Moeldoko, Muhammad Rahmad merespons cuitan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat SBY di Twitter menyoal keadilan tidak bisa dibeli.

“Pak SBY, AHY atau siapapun, harus pula bertindak adil dan mentaati proses hukum. Siapapun tidak boleh membangun narasi menyesatkan, apalagi mengarahkan tuduhan seakan akan hukum dan keadilan berada ditempat yang berbeda. Itu adalah pikiran sesat,” kata Muhammad Rahmad, Senin (27/9/2021).

Dalam keterangannya, M Rahmad mengutarakan yang dilakukan kubu Moeldoko bersama kuasa hukum Yusril Ihza Mahendra adalah dalam upaya menegakkan hukum dan keadilan.

Baca Juga: SBY: Mungkin Uang Bisa Beli Hukum, tapi Tidak untuk Keadilan

“Menegakkan hukum agar AD ART Partai Demokrat itu sesuai dengan ketentuan UU Partai Politik dan menegakkan keadilan,” ujarnya.

“Agar Partai Demokrat dikembalikan kepemilikkannya kepada rakyat Indonesia sebagaimana cita cita pendiri. Oleh karena itu, semua pihak harus menghormati lembaga Mahkamah Agung atau lembaga peradilan kita di Indonesia.”

Sebelumnya, SBY melalui cuitan pada Senin (27/9/2021) mengatakan, uang bisa membeli barang dengan jumlah yang banyak, namun itu tidak berarti segalanya bisa dibeli.

Dalam konteks penegakan hukum, Presiden keenam Republik Indonesia ini pun menyatakan soal kemungkinan hukum juga bisa dibeli dengan uang yang banyak. Kendati demikian, SBY yakin keadilan tidak akan bisa dibeli.

Baca Juga: Pribadinya Diserang Terkait Gugatan AD/ART Demokrat, Yusril: SBY Dulu Minta Tolong Saya Maju Nyapres

“Money can buy many things, but not everything. Mungkin hukum bisa dibeli, tapi tidak untuk keadilan,” kata SBY.

Mengatakan hukum mungkin bisa dibeli dengan uang yang banyak, namun SBY mengaku masih percaya dengan integritas penegak hukum.

“Sungguhpun saya masih percaya pada integritas para penegak hukum, berjuanglah agar hukum tidak berjarak dengan keadilan,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x