Kompas TV nasional politik

Dikabarkan Gantikan Azis Syamsuddin Jadi Wakil Ketua DPR, Ini Profil Lodewick Paulus

Kompas.tv - 27 September 2021, 15:58 WIB
dikabarkan-gantikan-azis-syamsuddin-jadi-wakil-ketua-dpr-ini-profil-lodewick-paulus
Sekjen Partai Golkar Lodewick Paulus (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Nama Sekjen Partai Golkar Lodewick Paulus kian santer menjadi pengganti Azis Syamsuddin sebagai wakil ketua DPR. Diketahui, sejak KPK menetapkan tersangka pada Sabtu (25/9/2021), Azis lantas mengundurkan diri dari jabatan tersebut. 

Lodewick disebut-sebut sudah menjadi pertimbangan Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk duduk sebagai pimpinan DPR. 

Dia dinilai memiliki rekam jejak yang mulus dan bersih sebagai seorang politikus, sehingga kader partai berlambang pohon beringin itu akan menerimanya. 

Baca Juga: Sekjen Golkar Menguat Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Pimpinan DPR

Lantas, bagaimana rekam jejak Lodewick selama ini? 

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (27/9/2021) Lodewick merupakan seorang politikus yang sebelumnya berkecimpung di dunia militer. Dia merupakan seorang lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1981. 

Sejumlah jabatan penting pernah diemban Lodewick. Salah satunya seperti menjadi Danjen Kopassus ke-24 menggantikan Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo pada 2009 hingga 2011. 

Setelah itu, ia ditunjuk menjadi Pangdam I/Bukit Barisan dari September 2011 hingga Juni 2013. Kemudian, jabatan terakhirnya adalah Dankodiklat TNI-AD pada 2013 hingga Juli 2015. 

Purnawirawan TNI AD jenderal bintang tiga itu pertama kali ditunjuk menjadi Sekjen Partai Golkar oleh Airlangga Hartarto pada 2018. Saat itu, dia menggantikan posisi Idrus Marham yang mengundurkan diri karena tersangkut kasus korupsi di KPK. 

Kemudian, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 ia mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (Caleg). Dia terdaftar di daerah pemilihan (dapil) Lampung I dan kini dipercaya sebagai anggota Komisi I DPR. 

Baca Juga: Sore Ini, Partai Golkar Kantongi Nama Pengganti Azis Syamsuddin untuk Kursi Pimpinan DPR

Sebelumnya diberitakan, Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM DPP Partai Golkar Supriansa mengatakan, saat ini muncul nama terkuat yang dipertimbangkan Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk ditunjuk menggantikan Azis Syamsuddin sebagai wakil ketua DPR. 

Ia menjelaskan, sosok itu adalah Lodewijk Paulus yang kini menjabat Sekjen Partai Golkar. 

"Pak sekjen adalah bagian dari pada yang memang menjadi perhatian tentu di pak ketua umum," kata Supriansa di Gedung DPR, Jakarta, Senin (27/9/2021). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x