Kompas TV nasional berita utama

Polisi Siapkan Tes Antigen untuk Massa Aksi BEM SI di KPK

Kompas.tv - 27 September 2021, 12:23 WIB
polisi-siapkan-tes-antigen-untuk-massa-aksi-bem-si-di-kpk
Gedung Merah Putih KPK. (Sumber: Antara/Benardy Ferdiansyah)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Kepala Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Agustinus Agus Rahmanto menyampaikan pihaknya telah menyiapkan sejumlah tes antigen Covid-19 bagi demonstran dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang akan menggelar aksi di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, Senin (27/9/2021).

"Kemudian juga kita siapkan dirasa perlu nanti pengecekan random antigen, intinya semua melihat situasi lapangan yang berkembang nanti," kata Wakil Kepala Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Agustinus Agus Rahmanto, dilansir dari ANTARA.

Namun demikian, Agus tak menjelaskan secara rinci jumlah personel yang disiagakan untuk melakukan pemeriksaan tes antigen terhadap pengunjuk rasa tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Tak Gubris Ultimatum Mahasiswa, BEM SI Demo KPK Hari Ini

Agus menyampaikan pengecekan itu ditujukan untuk mencegah terjadi klaster Covid-19 dari peserta yang melangsungkan aksi.

"Jangan sampai nanti klaster di sini, kita siap dengan personel yang ber-APD, itu pun kalau terpaksa kita gunakan, mengingat ini masa pandemi," ujar dia.

Dia juga meyakini aksi yang rencananya berlangsung pada siang nanti bakal berjalan dengan damai.

Terkait dengan adanya informasi bocoran aksi bakal berlangsung keras, Agus menuturkan bahwa hal itu tidak ada dan meyakini demo akan berjalan dengan damai.

"Enggak ada itu, damai, kita harap juga itu gak akan terjadi, kita yakin aksi damai. Di saat pandemi apa lagi, masih level 3 Jakarta, kita juga tidak bisa berbangga dengan penurunan yang sedang bagus-bagusnya," kata Agustinus.

Baca juga: Demo BEM SI di KPK, Ratusan Personel Gabungan Disiagakan

Untuk mengamankan aksi tersebut, ratusan personel gabungan dari kepolisian termasuk Satuan Brimob dan Pemadam Kebakaran (Damkar) bersiaga guna mengawal dan mengamankan demo BEM SI.

Saat pengamanan, Agustinus menambahkan petugas akan mengedepankan cara humanis untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara personel dengan rekan-rekan yang melaksanakan kegiatan menyampaikan pendapata di muka umum.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.