Kompas TV internasional kompas dunia

Pembatasan Virus Corona Dihapus, Norwegia Malah Ricuh

Senin, 27 September 2021 | 09:18 WIB
pembatasan-virus-corona-dihapus-norwegia-malah-ricuh
Ambulan merawat warga yang terluka saat pemerintah Norwegia mencabut pembatasan sosial karena virus corona di Trondheim, Norwegia, Sabtu, 25 September 2021. (Sumber: Associated Press)

OSLO, KOMPAS.TV — Secara tiba-tiba, pemerintah Norwegia pada Jumat (24/9/2021) mengumumkan dihapusnya pembatasan-pembatasan yang dilakukan karena virus corona. Setelah lebih dari satu tahun hidup dalam pembatasan sosial, warga Norwegia akhirnya merayakan kebebasan mereka, yang sayangnya berakhirnya ricuh.

Polisi Norwegia pada Minggu (26/9/2021) melaporkan puluhan kasus gangguan keamanan, bentrokan, kekerasan dan perkelahian massal di beberapa kota. Kericuhan terjadi setelah jalan, bar, restoran, dan klub malam dipenuhi orang-orang yang merayakan berakhirnya pembatasan Covid-19.

Pengumuman tak terduga dari Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg, mengejutkan banyak orang dan menyebabkan kekacauan di ibukota, Oslo, dan beberapa kota lainnya.

Baca Juga: Indonesia Akhiri Kerjasama Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca dengan Norwegia

"Sudah 561 hari sejak kami memperkenalkan tindakan terberat di Norwegia di masa damai," kata Solberg pada konferensi pers hari Jumat. "Sekarang waktunya telah tiba untuk kembali ke kehidupan sehari-hari yang normal," ujarnya.

Perayaan atas berakhirnya pembatasan sosial ini dimulai pada Sabtu sore dan berlangsung hingga Minggu dini hari. Polisi mengatakan kerusuhan dilaporkan di beberapa tempat, termasuk di kota  Bergen dan Trondheim, tetapi situasinya terburuk terjadi di Oslo.

Antrean panjang terlihat di klub malam, bar dan restoran di Oslo pada Sabtu malam. Polisi mencatat setidaknya terjadi 50 perkelahian dan gangguan keamanan pada malam hari. Sertifikat status vaksinasi maupun hasil tes negatif tidak diperlukan untuk memasuki tempat-tempat hiburan di Norwegia.

“Itulah yang saya prediksi akan terjadi,” kata manajer klub malam Johan Hoeeg Haanes dengan marah. “Itu adalah situasi yang mengancam jiwa karena mereka (pemerintah) tidak memberi kami pemberitahuan setidaknya beberapa hari sebelumnya. Ini adalah situasi yang berbahaya, karena polisi mengatakan semua tempat penuh sesak,” ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

Perdana Menteri Solberg menanggapi kritik atas langkah tiba-tiba untuk dibukanya kembali aktivitas masyarakat. Ia mengatakan para ahli kesehatan Norwegia telah mendukung tindakan pemerintah tersebut.

Baca Juga: Partai Buruh Menangi Pemilu Norwegia, Skandinavia Dikuasai Koalisi Sayap Kiri

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19