Kompas TV olahraga kompas sport

Nestapa Lando Norris Gagal Raih Kemenangan Perdana F1 di GP Rusia 2021

Kompas.tv - 27 September 2021, 06:07 WIB
nestapa-lando-norris-gagal-raih-kemenangan-perdana-f1-di-gp-rusia-2021
Lando Norris, pebalap Formula 1 (F1) dari tim McLaren. (Sumber: AFP/Andrej Isakovic)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

SOCHI, KOMPAS.TV - Pebalap Formula 1 (F1) tim McLaren, Lando Norris harus merelakan peluang meraih kemenangan perdananya kala bertanding di Grand Prix (GP) Rusia 2021, Minggu (26/9/2021).

Norris yang berhasil meraih pole position pada kualifikasi Sabtu (25/9/2021) kemarin, nyatanya gagal memanfaatkan keuntungan tersebut.

Kegagalan tersebut bermula ketika gerimis yang mengguyur sirkuit Sochi, Rusia kemudian menjadi hujan pada lap ke-46.

Saat itu, Norris dan Lewis Hamilton, pebalap dari tim Mercedes, tengah bersaing memperebutkan posisi pertama sejak lap ke-40.

Baca Juga: Hasil F1: Verstappen Juara di Austria GP, Hamilton Gagal Podium

Melalui komunikasi radio, masing-masing tim dari kedua pebalap tersebut pun mulai memberi kabar kepada mengenai situasi terkini dan instruksi selanjutnya.

"Lewis, risiko hujan meningkat, yang pertama tampaknya ada di sekitar tikungan lima," kata engineer tim Mercedes kepada Hamilton, melansi Gridoto.com, Minggu.

Namun, hingga lap ke-49, baik Norris maupun Hamilton sama-sama memilih tetap menggunakan ban slick yang kurang cocok dengan lintasan basah nan licin akibat hujan.

Alhasil, karena bertahan dengan ban slick, Hamilton semakin tertinggal dari Norris yang melaju dua detik lebih cepat dari jet daratnya.

Baca Juga: Grand Prix F1 dan Moto GP Australia 2021 Resmi Dibatalkan

Memasuki lap ke-50, akhirnya Hamilton memutuskan ganti ban intermediate, sedangkan Norris tidak meskipun timnya telah memberikan peringatan.

"Lintasan sangat licin di tikungan sepuluh, banyak mobil keluar," kata engineer tim McLaren kepada pebalap berusia 21 tahun itu.

Tak mengindahkan peringatan tersebut, Norris justru membalasnya dengan ketus, "Iyah, diam!!!"

Akibatnya, saat hujan semakin deras pada dua lap terakhir, Norris tergelincir keluar lintasan sehingga Hamilton pun mengambil alih posisi terdepan.

Lepas itu, Norris minta masuk pit untuk mengganti ban intermediate dan kembali ke lintasan pada urutan keenam

Hail akhir GP Rusia 2021, Hamilton berhasil meraih kemenangan keseratusnya, sementara Norris yang awalnya cukup mendominasi jalannya balapan mesti puas finish di posisi ketujuh.



Sumber : Gridoto.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.