Kompas TV nasional kesehatan

Kamu Masih Muda Tapi Pelupa? Ini Penjelasannya

Minggu, 26 September 2021 | 19:54 WIB
kamu-masih-muda-tapi-pelupa-ini-penjelasannya
Menurut pakar psikiatri dari Hackensack University Medical Center in New Jersey, Gary Small MD, gangguan memori semacam ini dapat terjadi pada usia berapa pun dan bisa muncul sejak usia 20-an, seperti dilansir Antara, Minggu, (26/09/2021). (Sumber: Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernahkah kamu berada di sebuah pesta tetapi tidak dapat mengingat nama orang yang sedang kamu ajak berbicara? Atau harus mengobrak-abrik rumah demi menemukan kunci motor kamu?

Pikiran pertama yang mungkin muncul, "Apa yang salah dengan diriku ini?" dan "Apakau aku mulai menderita Alzheimer dini padahal belum usia pralansia apalagi lansia?"

Menurut pakar psikiatri dari Hackensack University Medical Center in New Jersey, Gary Small, MD seperti dilansir Antara, Minggu, (26/09/2021) gangguan memori semacam ini dapat terjadi pada usia berapa pun dan bisa muncul sejak usia 20-an. Jadi, tenang saja kakak-kakak.

Salah satu penyebab sering lupa, seperti dikutip dari Livestrong, adalah volume otak yang menyusut. Ingatan secara alami menurun sekitar 2 persen setiap dekade kehidupan, yang berarti ingatan Anda akan lebih buruk pada usia 30 tahun daripada pada usia 20 tahun.

Merujuk pada penelitian tersebut, wajar bila kamu terkadang lupa nama, namun ingat pengalaman bersama, walaupun orang tersebut pernah dekat secara jasmani dan rohani pada suatu babak dalam kehidupan kamu.

"Ini karena menyusutnya hippocampus Anda, bagian otak Anda yang menyimpan ingatan," ujar ahli saraf Majid Fotuhi, MD, PhD, di NeuroGrow Brain Fitness Center di McLean, Virginia.

Kondisi kesehatan lain yang mempengaruhi memori atau ingatan salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Masalah ini terutama di usia paruh baya dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih tinggi di kemudian hari, menurut American Heart Association.

Hipertensi yang tidak terobati menyempitkan dan menyumbat arteri di berbagai organ termasuk di otak kamu, kata Dr. Fotuhi.

Kolesterol tinggi juga beracun bagi otak kamu, karena kolesterol dilaporkan memicu pembentukan protein amiloid-beta, yang berhubungan dengan perkembangan penyakit Alzheimer, menurut studi dalam Nature Chemistry pada tahun 2018.

Baca Juga: Mengenal Gejala dan Pengobatan Gangguan Jiwa Psikosis

Salah satu penyebab sering lupa, seperti dikutip dari Livestrong, adalah volume otak yang menyusut. Ingatan secara alami menurun sekitar 2 persen setiap dekade kehidupan, yang berarti ingatan Anda akan lebih buruk pada usia 30 tahun daripada pada usia 20 tahun. (Sumber: pixabay.com)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:54
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19