Kompas TV regional peristiwa

Anies Ibaratkan Semua Pihak yang Berperan Tangani Covid-19 di Jakarta seperti Avengers

Kompas.tv - 26 September 2021, 19:20 WIB
anies-ibaratkan-semua-pihak-yang-berperan-tangani-covid-19-di-jakarta-seperti-avengers
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pandemi Covid-19 di Ibu Kota sudah mulai terkendali. 

Adapun capaian tersebut, kata Anies, tidak lepas dari kerja keras semua pihak dalam menekan laju penularan Covid-19 di Jakarta. 

Dia pun kemudian mengibaratkan pihak-pihak yang turut berperan dalam menekan penularan Covid-19 sebagai kelompok pahlawan fiksi dalam komik dan film Marvel, The Avengers.

"Jadi (kasus Covid-19) turun yang luar biasa ini karena apa? Kolaborasi, karena kerja bersama. Tidak bisa dikerjakan sendirian, jadi ini Avengers ini, bukan pahlawan tunggal, pahlawannya banyak," kata Anies di Jakarta, Minggu (26/9/2021).

Anies berujar saat kasus aktif Covid-19 di Ibu Kota sempat menyentuh angka 113 ribu pada Juli 2021, seluruh pihak mulai dari jajaran Pemprov DKI, TNI-Polri, pihak lainnya termasuk swasta hingga organisasi kemasyarakatan, bekerja keras untuk dapat menekan penularan. 

Adapun upaya yang dilakukan dalam menangani Covid-19 yakni dengan melakukan pengendalian mobilitas penduduk dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

"Dulu ketika bulan Juli kita merasakan positivity rate tinggi. Kami rapat seminggu dua hingga tiga kali, Pemprov, Kodam, polda selama sebulan itu hampir tiap hari, ke mana-mana sama-sama, pengendalian mobilitas penduduk," jelas Anies.

Baca Juga: 1.509 Sekolah di Jakarta Gelar Pembelajaran Tatap Muka Mulai Senin Besok

Berkat kerja keras tersebut, Gubernur DKI ini menyebut kini jumlah kasus Covid-19 di Jakarta terus mengalami penurunan.

Bahkan, kata dia, kasus positif telah mencapai 0,7 persen atau sudah di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni sebesar lima persen.

"Lalu jumlah testingnya standar WHO kita sebelas kali lipat lebih tinggi dari standar WHO, jadi testingnya dinaikkan sebelas kali tapi hasilnya tetap sangat rendah," ungkapnya. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menyebut, ketika periode Juli 2021, saat positivity rate tinggi, dari 100 orang yang dites PCR, sebanyak 48 orang dinyatakan positif Covid-19.

Namun, saat ini dari 100 orang yang dites, hanya 1 orang dinyatakan Covid-19.

Meski kondisi Jakarta sudah terkendali dari pandemi Covid-19, Anies meminta masyarakat untuk tetap waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. 

"Insya Allah keberhasilan ini kita jaga sama-sama, jangan sampai naik lagi. Karena itu meski pun sudah terkendali, tetap pakai masker, tetap kaga jarak, insya Allah kita bisa terus terkendali," pungkasnya.

Baca Juga: Covid-19 Melandai, Muhammadiyah Ingatkan Masyarakat akan Hal Ini, Haedar Nashir: Jangan Terlena



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.