Kompas TV olahraga kompas sport

Arsenal vs Tottenham: Partai Spesial bagi Mikel Arteta dan Nuno Espirito Santo

Kompas.tv - 26 September 2021, 19:02 WIB
arsenal-vs-tottenham-partai-spesial-bagi-mikel-arteta-dan-nuno-espirito-santo
Pelatih Arsenal Mikael Arteta (Sumber: instagram@arsenal)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Derbi London Utara antara Arsenal vs Tottenham Hotspur akan digelar dalam lanjutan Liga Inggris 2021/22 di Stadion Emirates, Minggu (26/9/2021) malam waktu Indonesia. Derbi rival bebuyutan ini adalah ajang istimewa bagi pelatih masing-masing tim, Mikel Arteta dan Nuno Espirito Santo.

Arteta tercatat menangani Arsenal sejak Desember 2019. Sejak itu, ia telah tiga kali menghadapi Tottenham. 

Arteta dua kali kalah dan sekali menang ketika menghadapi Spurs sebagai pelatih. Ia kalah saat melawat ke markas Spurs pada 2019/20 dan 2020/21 tetapi sukses menang ketika melakoni partai kandang pada 14 Maret 2021 lalu.

Baca Juga: Aaron Ramsdale Buktikan Diri Pantas Jadi Kiper Nomor 1 di Arsenal

Sebagai pemain pun, Arteta telah berkali-kali menghadapi Tottenham saat masih berseragam Everton dan Arsenal. Namun, eks kapten The Gunners itu menegaskan bahwa pertemuan kali ini lebih spesial.

Ini adalah derbi pertama Arteta sebagai pelatih dengan dukungan suporter di stadion sendiri. Sebelumnya, bekas asisten Pep Guardiola ini terpaksa menjamu Spurs di Emirates yang kosong karena pandemi Covid-19.

Pelatih asal Spanyol tersebut mengaku tak sabar menantikan pengalaman derbi di depan ribuan suporter.

"Ini adalah pertandingan kandang paling spesial pada musim ini, tentu saja. Ini adalah Derbi London Utara, dan secara emosional ini berbeda daripada yang pernah kami mainkan (karena suporter). Kami tahu betapa pentingnya ini bagi para suporter," kata Arteta dilansir laman resmi klub.

"Anda harus memainkan pertandingan ini dengan wajah yang sedikit berbeda karena pertaruhannya sedikit lebih besar," imbuh pelatih berusia 39 tahun itu.

Arsenal sendiri menjamu Spurs dengan bekal tren positif. Setelah selalu kalah di Liga Inggris, Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan sukses menuai dua kemenangan beruntun. Di ajang Piala Liga, mereka pun sukses melibas AFC Wimbledon 3-0.

Di lain pihak, bagi Nuno Espirito Santo, derbi London Utara pertamanya juga terasa spesial. Meskipun baru beberapa bulan di London, eks juru taktik Wolverhampton itu sadar betul akan besarnya arti pertandingan ini.

"Meskipun saya belum lama di klub ini, saya sudah diberi tahu dan paham betapa berartinya ini (partai vs Arsenal) bagi suporter kami. Ini adalah pertandingan yang berbeda, setiap hal seputar pertandingan ini berbeda dan kami juga merasa seperti itu," kata Nuno dikutip laman resmi Tottenham.

"Tim ini dalam satu semangat dan spirit untuk pertandingan ini berbeda. Mereka (skuad Spurs) akan siap untuk itu," imbuh pelatih asal Portugal tersebut.

Tottenham dan Arsenal sendiri hanya terpaut tiga poin di tabel klasemen Premier League hingga pekan keenam. 

Baca Juga: Jungkir Balik Nasib Arsenal dan Tottenham jelang Derbi London Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x