Kompas TV regional berita daerah

Sejumlah Komunitas di Makassar Gelar Bersih Pesisir Pantai dan Tanam Pohon

Kompas.tv - 26 September 2021, 18:28 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

 MAKASSAR, KOMPAS.TV Sejumlah Komunitas di Makassar sulawesi selatan mengelar bersih bersih pesisir pantai, kegiatan yang diberi nama bersama Jumat Bersih ini turut dirangkaikan dengan penanaman bibit pohon.

Gerakan Jumat Bersih ini di ikuti 36 Komunitas di kota Makassar sulawesi selatan dan juga unsur dari TNI dan juga Polri, kegiatan diawali dengan melakukan bersih bersih di kampung popsa Jalan Ujung Pandang kota Makassar Minggu pagi. Dengan berjalan kaki para peserta memunguti sejumlah sampah yang mereka temui disepanjang jalan.

Tidak hanya di Jalan Ujung pandang dan sekitarnya, kegiatan serupa juga dilakukan di pesisir Pantai Pulau Gusung dan juga Pulau Lae-lae.

Dengan menumpangi sejumlah kapal, mereka menempuh perjalan 1 kilometer dari Dermaga Popsa.

Sesampainya di pesisir pulau gusung dan juga lae lae gerakan jumat bersih kembali dilanjutkan, para peserta mengumpulkan sejumlah sampah yang ditemui berserakan di pesisir pulau.

Dalam bersih pesisir pantai ini ratusan kilogram sampah yang didominasi sampah plastik dikumpulkan. Beberapa sampah di bersihkan dengan cara dibakar, dan ada juga yang di bawa ke perahu sampah pattasaki yang selanjutnya akan dibawa ke kontainer sampah yang berada di anjungan pantai losari Makassar. 

Selain bersih bersih sampah, puluhan bibit pohon kelapa maupun mahoni juga ditanam di tepi pantai. Gerakan bersama jumat bersih ini di inisiasi forum sulsel peduli bersama sejumlah Komunitas baik perorangan lembaga maupun intansi instansi.

Kegiatan ini yang melibatkan sejumlah elemen masyrakat ini untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya menjaga kebersihan laut dan juga konservasi lingkungan, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mendorong wisata pulau dikota Makassar.

Sebagai kota maritim kota Makassar dikenal memiliki garis pantai yang cukup panjang, volume sampah yang tidak terkontrol dapat mencemari.



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.