Kompas TV regional berita daerah

Sejumlah Komunitas di Makassar Gelar Bersih Pesisir Pantai dan Tanam Pohon

Minggu, 26 September 2021 | 18:28 WIB

Penulis : KompasTV Makassar

 MAKASSAR, KOMPAS.TV Sejumlah Komunitas di Makassar sulawesi selatan mengelar bersih bersih pesisir pantai, kegiatan yang diberi nama bersama Jumat Bersih ini turut dirangkaikan dengan penanaman bibit pohon.

Gerakan Jumat Bersih ini di ikuti 36 Komunitas di kota Makassar sulawesi selatan dan juga unsur dari TNI dan juga Polri, kegiatan diawali dengan melakukan bersih bersih di kampung popsa Jalan Ujung Pandang kota Makassar Minggu pagi. Dengan berjalan kaki para peserta memunguti sejumlah sampah yang mereka temui disepanjang jalan.

Tidak hanya di Jalan Ujung pandang dan sekitarnya, kegiatan serupa juga dilakukan di pesisir Pantai Pulau Gusung dan juga Pulau Lae-lae.

Dengan menumpangi sejumlah kapal, mereka menempuh perjalan 1 kilometer dari Dermaga Popsa.

Sesampainya di pesisir pulau gusung dan juga lae lae gerakan jumat bersih kembali dilanjutkan, para peserta mengumpulkan sejumlah sampah yang ditemui berserakan di pesisir pulau.

Dalam bersih pesisir pantai ini ratusan kilogram sampah yang didominasi sampah plastik dikumpulkan. Beberapa sampah di bersihkan dengan cara dibakar, dan ada juga yang di bawa ke perahu sampah pattasaki yang selanjutnya akan dibawa ke kontainer sampah yang berada di anjungan pantai losari Makassar. 

Selain bersih bersih sampah, puluhan bibit pohon kelapa maupun mahoni juga ditanam di tepi pantai. Gerakan bersama jumat bersih ini di inisiasi forum sulsel peduli bersama sejumlah Komunitas baik perorangan lembaga maupun intansi instansi.

Kegiatan ini yang melibatkan sejumlah elemen masyrakat ini untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya menjaga kebersihan laut dan juga konservasi lingkungan, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mendorong wisata pulau dikota Makassar.

Sebagai kota maritim kota Makassar dikenal memiliki garis pantai yang cukup panjang, volume sampah yang tidak terkontrol dapat mencemari.

Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19