Kompas TV regional berita daerah

Jemput Bola, Rutan Makassar Vaksin Warga Binaan Langsung Di Blok Hunian

Minggu, 26 September 2021 | 18:05 WIB
jemput-bola-rutan-makassar-vaksin-warga-binaan-langsung-di-blok-hunian
Rutan Kelas I Makassar kembali menggelar vaksinasi Covid-19 bagi warga binaan dengan sistem jemput bola. (Sumber: Humas Kanwilkumham sulsel)

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Rutan Kelas I Makassar kembali menggelar vaksinasi Covid-19 bagi warga binaan. Namun kali ini ada yang berbeda dalam pelaksanaannya, yakni dengan sistem jemput bola. 

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Darmansyah mengatakan hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan efisiensi alur dan jalannya pemberian vaksinasi bagi warga binaan. Sabtu, (25/9). 

"Untuk mengurai antrian dan kerumunan. Selain itu juga lebih memudahkan petugas dalam melakukan pengawasan, terukur, terarah. Insya Allah berjalan lancar, tertib dan aman," ujarnya. 

Darmansyah mengatakan untuk memperlancar vaksinasi, tim vaksinator yang merupakan gabungan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Poltekes Makassar serta tenaga medis Lapas dan Rutan Makassar dibagi dalam 3 titik. 

"2 tim masuk ke blok hunian bagian dalam yang dipusatkan di Blok Sultan Hasanuddin dan Blok Sultan Alauddin. Sedangkan blok hunian luar yakni blok Isolasi, Tahanan baru dan blok perempuan dipusatkan di ruang kunjungan secara bergantian," jelas Darman saat memantau langsung proses vaksinasi. 

Lanjut Darmansyah menyampaikan bahwa target vaksinasi kali ini sebanyak 1.300 orang dan menjadi menjadi capaian terbesar dalam 3 gelombang vaksinasi di Rutan Makassar. 

"Dari Komisi IX DPR RI yang diinisiasi oleh Ibu Aliyah Mustika Ilham, alhamdulillah hari ini Rutan kembali memperoleh 1.300 dosis vaksinasi. Jika sesuai target maka total warga binaan yang menjalani vaksinasi sudah di atas 90%," jelasnya. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran Rutan Makassar. Ia meminta agar menuntaskan vaksinasi bagi seluruh warga binaan dalam waktu dekat. 

"Diupayakan 100% tuntas menjalani vaksinasi. Selebihnya tinggal melancarkan koordinasi dengan APH terkait tentang mekanisme penerimaan tahanan baru yang mewajibkan tuntas jalani vaksinasi. Sehingga diharapkan Rutan Makassar dapat terlindungi dari Covid-19, terbentuk kekebalan kelompok ," ucap Kakanwil saat meninjau pelaksanaan vaksinasi.

#Vaksinasi
#rutanmakassar
#kanwilkumhamsulsel

Penulis : KompasTV Makassar

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19