Kompas TV regional berita daerah

Jembatan Sei Alalak Dibuka untuk Uji Coba, Ini Kendaraan yang Boleh Melintas

Kompas.tv - 26 September 2021, 18:24 WIB
jembatan-sei-alalak-dibuka-untuk-uji-coba-ini-kendaraan-yang-boleh-melintas
Rendering Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Sumber: Dokumentasi Wijaya Karya)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

BANJARMASIN, KOMPAS.TV- Jembatan Sei Alalak telah dibuka untuk uji coba pada hari ini, Minggu (26/9/2021) pukul 15.30 WITA.

Meski demikian, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel Syauqi Kamal menyebut terdapat sejumlah ketentuan yang harus ditaati. 

Salah satunya yakni kendaraan yang diizinkan untuk melintas di jembatan tersebut hanya kendaraan roda dua dan mobil penumpang.

Sementara untuk kendaraan berat seperti truk dan mobil angkutan lainnya, kata Syauqi, belum diperbolehkan.

"Kami mohon masyarakat dapat memahaminya. Jadi bagi yang belum boleh melintas tetap melalui jalur alternatif di Jembatan Sei Alalak 2," kata Syauqi dilansir dari ANTARA, Minggu (26/9/2021). 

Adapun ketentuan lainnya yakni kendaraan yang melintasi dilarang berhenti dan parkir di atas jembatan.

Pengendara juga diharuskan untuk dapat menjaga kebersihan dan ketertiban saat melintas di Jembatan Sei Alalak.

Baca Juga: Penuhi Desakan Warga, Jokowi Minta Jembatan Sei Alalak di Kalsel Segera Dibuka

"Jadi jangan berhenti di atas jembatan misalnya untuk foto-foto. Begitu juga pejalan kaki belum diperbolehkan melintas," ujar Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch. Noor Subchan.

Untuk memastikan terjaganya ketertiban di atas jembatan, Subchan mengatakan ada pengerahan petugas gabungan dari Polri dan Dinas Perhubungan.

Sebagai informasi, Jembatan Sei Alalak menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala dan menjadi akses utama ke Kalimantan Tengah. 

Jembatan yang memiliki panjang 850 meter itu menjadi ikon baru Provinsi Kalimantan Selatan dengan struktur lengkungnya dan merupakan yang pertama di Indonesia.

Untuk diketahui, jembatan tersebut merupakan tipe cable stayed dengan struktur melengkung pertama di Indonesia. Sehingga, dalam aspek konstruksi dan pemeliharaannya memiliki kompleksitas tersendiri.

Keberadaan Jembatan Sei Alalak diharapkan dapat meningkatkan kapasitas jalan lintas selatan sehingga mendukung konektivitas kota Banjarmasin baik ke arah Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur. 

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan secara langsung pembukaan jembatan ikonik itu akhir tahun ini seiring rampungnya pembangunan pada 24 September 2021.

Baca Juga: Penuhi Instruksi Presiden Jokowi, Hari Ini Jembatan Sei Alalak Resmi Dibuka untuk Uji Coba



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x