Kompas TV nasional peristiwa

Penuhi Instruksi Presiden Jokowi, Hari Ini Jembatan Sei Alalak Resmi Dibuka untuk Uji Coba

Kompas.tv - 26 September 2021, 17:20 WIB
penuhi-instruksi-presiden-jokowi-hari-ini-jembatan-sei-alalak-resmi-dibuka-untuk-uji-coba
Jembatan Sei Alalak yang menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala di Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka untuk uji coba mulai hari ini, Minggu (26/9/2021). (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Jembatan Sei Alalak yang menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala di Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka untuk uji coba mulai hari ini, Minggu (26/9/2021).

Pembukaan jembatan ini, menurut Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel Syauqi Kamal, dibuka sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo.

"Pembukaan jembatan ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Namun sifatnya baru uji coba," terang Syauqi Kamal, Minggu (26/9/2021) sore.

Kata Syauqi, selama masa uji coba, hanya kendaraan roda dua dan roda empat alias mobil penumpang yang diperbolehkan melintas.

Sedangkan untuk kendaraan berat seperti truk dan mobil angkutan lainnya, belum diperbolehkan.

"Kami mohon masyarakat dapat memahaminya. Jadi bagi yang belum boleh melintas, tetap melalui jalur alternatif di Jembatan Sei Alalak 2," jelasnya.

Sementara itu, menurut Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch. Noor Subchan yang turut memantau pembukaan jembatan mengingatkan para pengendara agar dapat melintas dengan tertib dan mematuhi arahan petugas.

Masyarakat yang melintas di Jembatan Sei Alalak diminta tidak berhenti di atas jembatan.

Subchan mengatakan kendaran roda dua dan roda empat diizinkan untuk melintas. Namun, pihaknya hingga kini belum memperbolehkan pejalan kaki untuk melintas di jembatan tersebut.

Baca Juga: Penuhi Desakan Warga, Jokowi Minta Jembatan Sei Alalak di Kalsel Segera Dibuka

"Jadi jangan berhenti di atas jembatan misalnya untuk foto-foto. Begitu juga pejalan kaki belum diperbolehkan melintas," katanya.

Demi meminimalisasi terjadinya pelanggaran atas ketertiban di atas jembatan, Subchan mengungkapkan ada pengerahan petugas gabungan dari Polri dan Dinas Perhubungan.

Perlu diketahui, jembatan Sei Alalak mulai dibuka untuk kendaraan sejak pukul 15.30 WITA dan langsung disambut dengan sukacita oleh masyarakat. Ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat melintas memenuhi jembatan tanpa henti.

Jembatan Sei Alalak dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan panjang mencapai 850 meter.

Jembatan tersebut dibangun melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Kalimantan Selatan Direktorat Jenderal Bina Marga menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun.

Menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala, jembatan ini menjadi akses utama ke Kalimantan Tengah. Kini jembatan itu menjadi ikon baru Provinsi Kalimantan Selatan dengan struktur unik lengkungnya dan merupakan yang pertama di Indonesia.

Baca Juga: Viral Video Rombongan Moge Melintasi Jembatan Sei Alalak yang Belum Diresmikan

Pembukaan secara resmi Jembatan Sei Alalak rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir tahun ini. Proses pembangunan jembatan dinyatakan selesai pada 24 September 2021.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.