Kompas TV internasional kompas dunia

Ganasnya Aliran Lava Gunung Berapi Cumbre Vieja di La Palma, Rusak Ratusan Rumah

Minggu, 26 September 2021 | 15:26 WIB

LA PALMA, KOMPAS.TV - Lava terlihat meletus dari gunung berapi di pulau Spanyol La Palma pada Minggu (26/9) pagi.

Para ilmuwan juga telah memperingatkan pada hari Sabtu (25/9) bahwa lubang vulkanik lain telah terbuka di gunung berapi yang telah meletus selama seminggu terakhir ini dan membuat para penduduk harus menghadapi kemungkinan bahaya baru.

Abu vulkanik diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada saluran udara, paru-paru hingga mata manusia.

Pemerintah setempat telah mendesak warga di daerah yang terkena dampak untuk menghindari keluar dan hanya mengenakan masker dan kacamata.

Intensitas letusan gunung berapi Cumbre Vieja yang dimulai pada 19 September lalu meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Sungai lava telah meluncur menuruni lereng gunung menuju pantai barat daya pulau itu, menghancurkan segala sesuatu di jalan mereka, termasuk ratusan rumah.

Baca Juga: Penampakan Rumah Lolos dari Aliran Lava Gunung yang Erupsi di La Palma

Namun, kecepatan alirannya telah sangat melambat, dan lava sekarang hampir tidak bergerak maju, dengan sekitar dua kilometer sebelum mencapai laut.

Letusan tersebut mendorong evakuasi beberapa desa di pulau La Palmas yang berpenduduk 85.000 jiwa ini. Hampir 7.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Bandara di pulau itu ditutup pada hari Sabtu karena awan abu yang keluar dari gunung berapi.

Bandara lain di Kepulauan Canary masih beroperasi, tetapi beberapa maskapai menangguhkan penerbangan.

Letusan gunung berapi ini adalah yang pertama sejak tahun 1971 di La Palma.

Video Editor: Faqih Fisabilillah

Penulis : Theo Reza

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Selebriti

V BTS Cidera Saat Latihan Konser

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:49 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:58
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19