Kompas TV regional peristiwa

Tak Hanya Gibran, 3 Pendaki Alami Nasib Sama di Gunung Guntur, Kuncen: Jangan Bersiul di Gunung Itu

Kompas.tv - 26 September 2021, 06:30 WIB
tak-hanya-gibran-3-pendaki-alami-nasib-sama-di-gunung-guntur-kuncen-jangan-bersiul-di-gunung-itu
Kolase Muhammad Gibran Arrasyid, pendaki yang sempat hilang di Gunung Guntur (foto kanan) akhirnya ditemukan pada Jumat (24/9/2021) sekitar pukul 16.30. (Sumber: TribunJabar.id/Sidqi Al Ghifari)
Penulis : Gading Persada

GARUT, KOMPAS.TV—Muhammad Gibran Arrasyid (14) ternyata bukan orang pertama yang mengalami kejadian aneh bahkan hilang saat mendaki di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, tercatat sudah ada tiga pendaki lainnya yang mengalami nasib serupa dengannya.

Hal ini seperti yang disampaikan Ade Leji (55), Kuncen Gunung Guntur. Seperti kisah Gibran, Ade Leji mengungkapkan, tiga pendaki lainnya berhasil ditemukan dengan kisah-kisah mereka sendiri.

"Sudah tiga kali ada yang hilang di Guntur, tapi alhamdulillah semua atas kehendak Allah mereka bisa ditemukan selamat," ungkap Ade Leji, Sabtu (25/9/2021) seperti dikutip dari TribunJabar, Minggu (26/9).

Baca Juga: Gibran yang Tak Pernah Merasakan Malam Saat Hilang 6 Hari di Gunung Guntur

Gunung Guntur merupakan gunung kedua tertinggi di Kabupaten Garut setelah Gunung Cikuray. Gunung Guntur berada di ketinggian 2.229 MDPL dan Gunung Cikuray 2.821 MDPL.

Mayoritas area di Gunung Guntur berstatus cagar alam. Sejak tahun 1979, Gunung Guntur sudah ditetapkan statusnya menjadi cagar alam oleh Kementrian Pertanian dengan SK 170/KptsUm/3/1979.

Lalu, pada tahun 1990, diadakan perluasan cagar alam dengan SK 110/Kpts-II/1990. Terakhir, pada tahun 1994, penetapan ini diperbaharui lagi oleh Kementrian Kehutanan dengan SK 433/Kpts-II/1994.

Walau begitu, Gunung Guntur tetap menjadi bagian dari Cagar Alam Kamojang hingga saat ini. Gunung yang disebut-sebut sebagai miniaturnya Gunung Semeru itu memiliki banyak kisah tersendiri.

Menurut Ade Leji, ada tiga pantangan yang tidak boleh dilanggar para pendaki Gunung Guntur.

"Tidak boleh bersiul, tidak boleh memainkan suling dan tidak boleh menanyakan jalan," ujarnya.

Ade menjelaskan selain pantangan tersebut terdapat tempat yang tidak boleh didatangi pendaki yakni Curug Sawer. Tempat tersebut menurutnya memiliki medan yang terjal dan berbahaya jika dilalui oleh pendaki.

"Bahaya tebingnya beratus meter, penunggunya juga ganas, namanya Mbah Derwak," ucapnya.

Baca Juga: Hilang 5 Hari di Gunung, Gibran Arrasyid Akhirnya Ditemukan Selamat

Ade Leji merupakan orang yang pertama kali menemukan Muhammad Gibran Arrasyid, pendaki hilang di Gunung Guntur selama enam hari.



Sumber : Kompas TV/Tribun Jabar

BERITA LAINNYA



Close Ads x