Kompas TV video sinau

Fakta Unik Bintang Laut, Salah Satunya Punya Puluhan Mata

Kompas.tv - 25 September 2021, 23:02 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Beberapa orang familiar dengan bintang laut, bisa ditemui saat kita berlibur di pantai. Bentuknya seperti bintang, warnanya juga beragam. Bahkan jadi tokoh kartun yang cukup terkenal, dengan warnanya yang merah muda. Meski hidup di air, ternyata bintang laut bukan ikan. Umumnya memiliki jumlah lengan sebanyak lima buah. Tetapi ada juga yang memiliki, 10, 30, bahkan sampai 40 lengan.

Dengan wujud seperti itu, kadang terbersit pertanyaan, bagaimana bintang laut dapat melihat? Apakah bintang laut memiliki mata? Seperti yang digambarkan dalam tokoh kartun yang terkenal itu. Jawabannya adalah, bintang laut memiliki mata. Bahkan bintang laut bisa menatap kita dengan 40 matanya. Menurut sebuah penelitian, mata bintang laut tergantung pada jumlah lengannya. Jika memiliki lima lengan, berarti memiliki lima mata.

Setiap satu lengan memiliki satu mata, maka jika memiliki 40 lengan, berarti memiliki 40 mata. Walaupun memiliki banyak mata, penglihatan bintang laut tidak sempurna. Bintang laut juga ternyata tidak memiliki darah dan otak. 

Baca Juga: Mengenal Hiu Paus, Ikan Hiu Jinak yang Termasuk Satwa Dilindungi

https://www.kompas.tv/article/211859/mengenal-hiu-paus-ikan-hiu-jinak-yang-termasuk-satwa-dilindungi 

Grafis: Agus Eko Apriyanto 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x