Kompas TV video sinau

Simak! Lakukan ini Jika Tersesat di Gunung

Kompas.tv - 25 September 2021, 21:36 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Mendaki gunung bagi sebagian orang, adalah aktivitas yang menyenangkan. Karena bisa menikmati keindahan alam. Memberian relaksasi bagi tubuh, meredakan stress, sehingga perasaan jadi lebih bahagia.

Seperti yang kita ketahui, mendaki gunung adalah kegiatan yang berisiko. Sebab keadaan alam sulit ditebak, maka untuk mendaki gunung perlu persiapan yang matang. Mulai dari logistik, mengenali penyakit bawaan, hingga riset tentang  keadaan alam gunung yang akan dituju. Baiknya mendaki dalam kelompok, untuk meminimalkan risiko. Selalu berkomunikasi dan kabarkan jadwal pendakian pada keluarga atau teman. 

Jangan sampai terlewat juga, mempelajari cara membaca dan menggunakan kompas, agar tidak tersesat selama melakukan pendakian. Pastikan sebelum berangkat, cek cuaca melalui ramalan cuaca, mempersiapkan fisik sejak jauh hari, dan memperhatian asupan makanan sebelum mendaki, agar tenaga terpenuhi, kemudian bawa parang yang diperluakan saja, misalnya kotak P3K, KOMPAS, GPS, tabir surya, pisau serbaguna, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Hilang 5 Hari di Gunung, Gibran Arrasyid Akhirnya Ditemukan Selamat

https://www.kompas.tv/article/215412/hilang-5-hari-di-gunung-gibran-arrasyid-akhirnya-ditemukan-selamat 

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x