Kompas TV nasional peristiwa

KKB Kembalikan Gerald Sokoy Nakes yang Sempat Hilang

Kompas.tv - 25 September 2021, 17:18 WIB
kkb-kembalikan-gerald-sokoy-nakes-yang-sempat-hilang
Kebulan asap yang berasal dari sejumlah bangunan yang dibakar KKB di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9/2021). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tenaga Kesehatan bernama Gerald Sokoy yang sempat hilang pasca penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kiwirok, Pegunungan Bintang Papua, kini telah dipulangkan.

Kabar kepulangan Gerald Sokoy dikonfirmasi Direktur Kriminal Umum Polda Papua Kombes Pol  Faizal Ramadani, seperti dikutip Antara, Sabtu (25/9/2021).

Faisal menyebut Gerald Sokoy sudah tiba di Sentani, Jayapura didampingi Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana dan Wakapolres Pegunungan Bintang Kompol Anton Ampang.

Baca Juga: KKB Serang Kiwirok Papua, Nakes Gerald Sokoy hingga Kini Belum Ditemukan

Sebelumnya Gerald Sokoy, diinfokan berada dalam tangan KKB. Dia dijemput dari Okika dan diterbangkan ke Oksibil.

Faizal mengatakan dari Oksibil, Bupati Pegunungan Bintang Spen Yan Bidana mendampingi Gerald untuk melanjutkan perjalanan ke Sentani.

“Gerald Sokoy dijadwalkan diperiksa kesehatannya di RSUD Dok II Jayapura,” terang Kombes Faizal.

Baca Juga: 12 Hari Bersembunyi, Warga Akhirnya Berhasil Dievakuasi dari Distrik Kiwirok

Nakes Gerald Sokoy, dilaporkan hilang sejak insiden pembakaran dan penganiayaan terhadap rekan-rekan nakes yang bertugas bersamanya di Puskesmas Kiwirok.

Keamanan Distrik Kiwirok terganggu sejak Senin (13/9), ketika kelompok kriminal bersenjata (KKB) Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo terlibat kontak senjata dengan aparat keamanan.

Dalam baku tembak tersebut seorang prajurit terluka, komandan operasi KKB Ngalum Kupel Elly M Bidana tewas, dan dua anggota KKB terluka.

Baca Juga: Kapolda Papua: TNI-Polri Siap Bantu Warga yang Ingin Keluar dari Kiwirok Usai Serangan KKB

Anggota KKB juga dilaporkan membakar fasilitas umum serta menyerang tenaga kesehatan di Kiwirok.

Seorang tenaga kesehatan yakni Grabiela Meilan meninggal dunia karena terjatuh ke jurang dan dianiaya saat berusaha lari untuk menghindari penganiayaan anggota KKB dan empat orang lain yang menjadi korban serangan anggota KKB harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Marthen Indey di Jayapura.

Polisi, Sabtu (25/9/2021), mengevakuasi 17 warga sipil dari Kiwirok ke Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang.

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x