Kompas TV regional sosial

Lestarikan Biota Laut, Pokmas Wisata Pantai Cacalan Bangun 40 Modul Fish Apartment

Sabtu, 25 September 2021 | 16:58 WIB
lestarikan-biota-laut-pokmas-wisata-pantai-cacalan-bangun-40-modul-fish-apartment
Wujud fish apartment di bawah laut wilayah Pantai Cacalan, Banyuwangi, Jawa Timur. (Sumber: Dok. Pokmas Wisata Pantai Cacalan)

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Sejumlah warga di Pantai Cacalan, Banyuwangi, Jawa Timur bahu-membahu membangun 40 modul terumbu karang buatan berbentuk rumah ikan atau fish apartment untuk menjaga ekosistem laut setempat.

Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Wisata Pantai Cacalan Arif Musidi mengatakan, pemasangan fish apartment tersebut juga menjadi upaya pelestarian biota laut di sekitar yang kini habitatnya mulai rusak.

"Untuk konservasi bagaimana caranya mengembalikan populasi ikan karena terumbu karang banyak rusak," kata Arif sebagaiman dikutip dari Kompas.com, Sabtu (25/9/2021).

Arif mengungkapkan, hancurnya habitat biota laut di Pantai Cacalan disebabkan oleh maraknya aktivitas penangkapan ikan menggunakan bom atau bondet dan potas.

Baca Juga: Konservasi Terumbu Karang ala PLN: Manfaatkan Listrik Arus Lemah untuk Proses Transplantasi

"Banyak (penangkap ikan) yang merusak terumbu karang. Jadi, fish apartment ini juga menjadi terumbu karang buatan untuk berkumpul dan berkembangbiaknya ikan-ikan," terang Arif.

Seluruh fish apartment yang telah dibuat akan dibawa satu per satu ke tengah laut, untuk kemudian diletakan pada titik yang telah ditentukan, di kedalaman sembilan meter.

Nantinya, di dalam laut sudah ada tim penyelam yang bakal merakit dan mengikat fish apartment ke tempatnya agar tak hilang terbawa arus.

Arif menambahkan, upaya menjaga ekosistem laut seperti pemasangan fish apartment ini sangatlah penting, mengingat Pantai Cacalan telah dikenal sebagai salah satu obyek wisata bahari di Banyuwangi sejak 2016.

Baca Juga: Gandeng Masyarakat, DLHK Riau Tanam 2.000 Bibit Mangrove di Bengkalis

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19