Kompas TV religi beranda islami

Baca Zikir Ini Sebelum Salat Malam agar Rezeki Tidak Sempit dan Hati Lapang

Kompas.tv - 25 September 2021, 16:15 WIB
baca-zikir-ini-sebelum-salat-malam-agar-rezeki-tidak-sempit-dan-hati-lapang
Ilustrasi langit malam, bisa diisi dengan doa dan zikir agar rezeki tidak seret (Sumber: KOMPAS.COM/Shutterstock/Nazar Yosyfiv)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rasulullah mengajarkan untuk mengucapkan zikir ini ketika malam tiba. Atau jika Anda terbangun dan lupa salat malam, sebaiknya membaca zikir ini lalu dirikan salat.

Salat malam itu bisa salat tahajud, witir maupun hajat. Bahkan, jika terlupa belum salat Isya, bisa juga membaca zikir ini.

Keberkahan di dalam zikir ini sangat banyak, termasuk soal rezeki dan membuat hati tenang.

Dalam kitab al-adzkar Imam Nawawi dijelaskan, Rasulullah SAW apabila terbangun di malam hari membaca zikir ini. Hal ini berdasarkan hadis dari Abu Daud.

Rasulullah SAW ketika bangun malam, beliau bertakbir sebanyak sepuluh kali dan bertahmid sebanyak sepuluh kali lalu berdoa yang artinya: “Maha Suci Allah dan dengan memuji kepada-Nya’ sebanyak sepuluh kali pula, lalu berdoa pula ‘Maha Suci Tuhan dan Maha Qudus’ sebanyak sepuluh kali dan beristighfar sebanyak sepuluh kali serta bertahlil sebanyak sepuluh kali.

Kemudian beliau mengucapkan ‘Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat’ sebanyak sepuluh kali. Setelah itu barulah beliau memulai salatnya.”(HR. Abu Daud).

ZIkir dalam hadis di atas bisa diklasifikasikan seperti ini:

1. Takbir mengucapkan 'Allahu akbar' sebanyak sepuluh kali.

2. Tahmid mengucapkan 'Alhamdulillah' sepuluh kali.

3. Tasbih mengucapkan 'Subhanallah wa Bihamdihi' sepuluh kali.

4. Mengucapkan 'Subhaanal Malikil Quddus' sebanyak sepuluh kali.

5. Istigfar mengucapkan 'Astaghfirullah' sebanyak sepuluh kali.

6. Tahlil mengucapkan 'Laa ilaaha illa allah' sebanyak sepuluh kali.

7. Yang terakhir, mengucapkan 'Allahumma inni a’udzubika min dhiiqid dunyaa wa dhiiqi yaumil qiyaamah', sebanyak sepuluh kali. Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat."

Semoga Allah senantiasa melapangkan hati kita dan melancarkan rezeki kita lewat wasilah (perantara) zikir ini. Amin. Wallahu a'lam bisshowab. 

Baca Juga: Bacalah Zikir Usai Salat Asar Hingga Matahari Terbenam, Hidupmu Bakal Lebih Tenteram

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.