Kompas TV internasional kompas dunia

Kolombia Sita Hampir 3.500 Sirip Hiu yang akan Diselundupkan ke Hong Kong

Sabtu, 25 September 2021 | 15:48 WIB
kolombia-sita-hampir-3-500-sirip-hiu-yang-akan-diselundupkan-ke-hong-kong
Hampir 3.500 sirip hiu ilegal disita di Kolombia sebelum diselundupkan ke Hong Kong (Sumber: Seyllou/France24 via AFP)

BOGOTA, KOMPAS.TV - Hampir 3.500 sirip hiu kering disita oleh otoritas Kolombia sebelum dikirim secara ilegal ke Hong Kong, kata para pejabat Kolombia seperti dilansir France24, Sabtu (25/09/2021).

Bogota "menyita 3.493 sirip hiu dan 117 kilogram kandung kemih ikan yang sedang dalam perjalanan ke Hong Kong," kata Kepala Kementerian Lingkungan Carolina Urrutia.

Hasil tangkapan itu mengungkap masih maraknya permintaan sirip hiu, yang kerap disajikan di jamuan pernikahan di beberapa komunitas China dan secara keliru diyakini memiliki khasiat medis.

Sirip-sirip tersebut, yang diambil dari 900 hingga 1.000 hiu ukuran hingga lima meter, ditemukan pada Jumat (24/9/2021) di dalam lima kotak di bandara tersibuk Bogota di El Dorado.

Sirip-sirip itu berasal dari "lebih dari tiga spesies" hiu, yang kemungkinan diambil dalam "penangkapan ikan ilegal", kata Urrutia, mengutuk "kerusakan lingkungan yang tidak dapat diperbaiki pada ekosistem laut Kolombia".

Baca Juga: Mengerikan, Hiu Dimangsa Monster Laut Raksasa dalam Satu Serangan

Ilustrasi hiu putih. Kolombia melarang penangkapan hiu sejak 2020 dalam upaya untuk membendung perdagangan sirip ke Asia, karena negara itu merupakan rumah bagi 76 dari 500 spesies hiu yang diketahui. (Sumber: Kompas.com)

Polisi nasional Kolombia akan menangani penyelidikan, tambahnya.

Kolombia melarang penangkapan hiu sejak 2020 dalam upaya untuk membendung perdagangan sirip ke Asia, karena negara itu merupakan rumah bagi 76 dari 500 spesies hiu yang diketahui.

Penjualan dan konsumsi sirip hiu di Hong Kong memang tidak ilegal. Tetapi harus mendapat izin. Sirip hiu tetap populer meskipun telah dilakukan kampanye pelarangan penangkapan hiu selama bertahun-tahun.

Sebagai predator puncak paling vital di lautan, populasi hiu hancur selama beberapa dekade terakhir akibat penangkapan hiu untuk diambil siripnya dan maraknya industri penangkapan long-line sebagai penyebab utama.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19