Kompas TV internasional kompas dunia

Curi Dua Lukisan Legendaris, Pria di Belanda Dihukum 8 Tahun Penjara, Barang Curian Belum Ditemukan

Sabtu, 25 September 2021 | 12:51 WIB
curi-dua-lukisan-legendaris-pria-di-belanda-dihukum-8-tahun-penjara-barang-curian-belum-ditemukan
Lukisan Vincent van Gogh dengan judul Parsonage Garden at Nuenen in Spring (1884) yang hilang dari Museum Singer Laren, Belanda, Maret 2020 lalu. (Sumber: Marten de Leeuw)

AMSTERDAM, KOMPAS.TV - Pria yang diidentifikasi sebagai Nils M (59) dijatuhi hukuman delapan tahun penjara karena kasus pencurian dua lukisan dari dua museum berbeda di Belanda, Jumat (24/9/2021).

Kedua lukisan tersebut, masing-masing merupakan karya seniman legendaris Vincent van Gogh dengan judul Parsonage Garden at Nuenen in Spring (1884) dan Frans Hals bertajuk Two Laughing Boys (abad ke-17).

Kendati pelaku telah mendapat hukuman, keberadaan karya karya seni bernilai tinggi tersebut sejauh ini belum ditemukan semenjak dicuri pada tahun lalu.

"Pria ini tidak hanya membawa kerugian besar bagi museum tetapi juga masyarakat, karena kini mereka tidak bisa lagi melihat dan menikmati lukisan-lukisan itu," kata Pengadilan Distrik Lelystad, Belanda, dikutip dari AFP.

Baca Juga: Peringati HUT Fyodor Dostoevsky ke-200, Seniman Italia Ini Buat Lukisan Raksasa Menggunakan Traktor

Diketahui, pada Maret 2020, lukisan van Gogh dicuri dari Museum Singer Laren dekat Amsterdam atau sekitar 10 kilometer dari Baarn, lokasi penangkapan tersangka.

Selang lima bulan, tepatnya Agustus 2020, Two Laughing Boys karya Hals dicuri dari Museum Hofje van Mevrouw van Aerden di Leerdam, Belanda.

Kemudian, dalam proses penyelidikan, polisi setempat menemukan DNA yang menghubungkan Nils M dengan kedua lokasi pencurian tersebut.

Mendapati dirinya didakwa, Nils membantah keterkaitannya dengan pencurian tersebut dan mengaku tidak tahu di mana lukisan-lukisan itu berada.

Lukisan karya Frans Hals dengan judul Two Laughing Boys (abad ke-17), hilang untuk ketiga kalinya dari Museum Hofje van Mevrouw van Aerden di Leerdam, Belanda. (Sumber: Alamy via BBC Indonesia)

Baca Juga: Mengenal Dmitri Vrubel, Pelukis ‘Bruderkuss’: Lukisan Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV/AFP


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19