Kompas TV religi beranda islami

Korupsi Itu Membunuh, Begini Al Quran Menggambarkan Para Maling Harta Publik

Sabtu, 25 September 2021 | 09:42 WIB
korupsi-itu-membunuh-begini-al-quran-menggambarkan-para-maling-harta-publik
Ilustrasi korupsi (Sumber: s3images.coroflot.com)

JAKARTA, KOMPAS-TV. Maraknya koruptor, eh maling harta publik ditangkap oleh KPK menimbulkan tanda tanya, bukankah sebagian di antara mereka adalah muslim?

Apa mereka tidak takut pada kitab suci Al Quran yang begitu gamblang melarang tindakan maling harta publik ini.

Secara tegas Allah SWT berfirman tentang korupsi ini dan larangan bagi muslim untuk jadi maling harta publik.

Apalagi, jika para maling harta ini sejatinya tahu bahwa ia ditugasi amanah untuk kepentingan orang banyak, tapi justru ia mengambil harta itu untuk kepentingan pribadi.

Padahal, dalam harta publik itu ada hak para dhuafa, faqir miskin dan mereka yang membutuhkan. Sebuah tindakan yang begitu merusak dan memiliki efek yang panjang.

Baca Juga: Kisah Sahabat Jadi Maling Harta Umat: Didoakan Masuk Surga, Malah Kejeblos ke Neraka

Paling tidak, ada dua gambaran Allah tentang bagaimana menjadi maling harta publik adalah jalan yang ‘membunuh’ pribadi muslim itu sendiri. Azab Allah pun niscaya akan disiapkan jika ia terbukti.

Pertama, Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah Ayat 188:

WALA TAKUULU AMWALAKUM BAYNAKUM BILBATHILI WA TADHULLU BIHA ILALHUKAMI LITAKUULU FARIIQON MIN AMWALINN BILITSMI WA ANTUM TA’LAMUN

Artinya: "Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil, dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim, dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui."

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19