Kompas TV nasional sapa indonesia

Pfizer Klaim Aman untuk Anak, Bagaimana Rencana Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun?

Kompas.tv - 24 September 2021, 23:36 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah masih menunggu perkembangan uji klinis untuk pemberian vaksinasi covid-19 bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Meskipun vaksin covid-19 buatan Pfizer mengklaim bahwa vaksin ini bisa diberikan untuk anak usia 5 hingga 11 tahun.

Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer mengklaim bahwa vaksinnya aman digunakan untuk anak usia 5 hingga 11 tahun, berdasarkan uji klinis fase kedua.

Sementara itu di Indonesia, Kementerian Kesehatan masih menunggu respon dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA terkait izin penggunaan vaksin Pfizer bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Sementara itu, Kepala BPOM Indonesia, Penny Lukito secara terpisah menyatakan bahwa izin penggunaan Pfizer bagi anak mulai usai 5 tahun ke atas, menunggu hasil uji klinis.

Bagaimana Kementerian Kesehatan memastikan kesiapan vaksinasi untuk anak di bawah 12 tahun, jika FDA sudah mengizinkan penggunaan Pfizer?

Kita bahas bersama Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, dan juga ada Epidemiiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.